Diskusi tentang Excel

Cara Menambahkan Tulisan "Jam" dan "Menit" pada Fungsi TIME

Excel-id.com | Bagaimana Cara Menampilkan Tulisan "Jam" dan "Menit" pada Fungsi TIME? Materi kali ini saya akan membahas bagaimana penggunaan rumus TIME di Ms. Excel. Rumus waktu ini biasanya digunakan untuk memperoleh hasil berapa jam atau berapa menit. Mungkin bagi Anda pernah mengalami bagaimana proses penulisan format waktu pada Ms. Excel.

Lebih jelasnya hasil yang akan kita peroleh harus seperti tabel berikut ini



Waktu tempuh diperoleh dari hasil pengurangan antara jam tiba dikurangi jam berangkat artinya disini adanya pengurangan untuk waktu. Pada kasus ini jika Anda salah menggunakan format selain waktu (Time) maka Excel tidak akan bisa menghitung pengurangan tersebut jadi perlu diingat bahwa format cell harus menjadi (time) atau Anda bisa setting format cellnya menjadi Custom seperti berikut ini



Caranya Anda bisa blok data yang mengandung tulisan waktu dan dalam contoh diatas adalah Anda harus memblok antara cell D3:F12 kemudian klik kanan pada Mouse Pad dan pilih Format Cells kemudian pada jendela format cellnya harus pilih Custom dan cari type menjadi "h:mm" seperti contoh gambar diatas.

Baca:
Rumus Merubah Hitungan Menit Ke Jam

Pada cell F3 silakan ketikan rumus E3-D3


Hasilnya : adalah 9:45 karena apabila tiba jam 18:10 dan berangkat jam 8:25 maka perjalanan atau waktu tempuh adalah jam tiba dikurangi jam berangkat. Silakan copykan rumus tersebut ke bawah dan lihat hasilnya.

Langkah berikutnya kita akan membuat tulisan jam dan tersebut dengan menambahkan tulisan "Jam" dan "Menit" pada kolom G maka tuliskan rumus :

=HOUR(F3)&" Jam "&MINUTE(F3)&" Menit"



Silakan tekan enter dan copykan rumus ke bawah sehingga diperoleh hasil menjadi seperti gambar nomor1 paling atas artikel ini.

Demikian, semoga bermanfaat.

Baca :
Cara Menghitung umur/usia menggunakan rumus Excel

Related

Rumus Excel 9098967289702017828

Post a Comment

  1. Bagaimana caraanya kalau mengubah format waktu tersebut kedalam desimal, contoh durasi 3:20 (3 jam 20 menit) menjadi 200 menit tanpa perhitungan manual.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Durasi di cell C1, mungkin bisa gunakan rumus =HOUR(C1)*60 +MINUTE(C1)&" Menit "

      Delete

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item