Diskusi tentang Excel

Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Raport dengan AVERAGE

Menghitung nilai rata-rata tentunya sangat mudah sekali yaitu dengan menjumlahkan total data yang akan dihitung kemudian dibagi dengan jumlah data. Di Ms. Excel ada cara terbaik untuk menghitung jumlah nilai rata-rata dan dalam hal ini kita bisa manfaatkan untuk menghitung nilai rata-rata raport di sekolah.

Syntax :
=Average(Range)
atau
=Average(Number1,Number2,Number3......)


Rata-rata raport ini harus dihitung dari semester 1 sampai dengan semester 6 untuk menghasilkan nilai ijazah, tentunya hal ini sangat merepotkan sekali bagi pengolah data nilai di sekolah baik itu kurikulum maupun operator sekolah. Ada baiknya nilai harus disiapkan atau dientri sejak semester pertama sehingga pada saat siswa tersebut kelas XII maka operator atau tim kurikulum hanya tinggal entri nilai semester 6 saja.

Baca:
Rumus untuk mencari nilai rata-rata

Untuk bisa menghitung rata-rata nilai pada nilai ijazah silakan perhatikan gambar dibawah ini :


Pada cell G17 anda ketikkan rumus =AVERAGE(G21:G35) dimana rumus tersebut akan menghitung nilai rata-rata dari cell G21 sampai dengan G35 yang berisi data setiap mata pelajaran.

Sebenarnya Anda juga bisa menghitung jumlah nilai rata-rata nilai tersebut dengan menjumlahkan terlebih dahulu dengan menggunakan rumus SUM kemudian dibagi 15. Kenapa dibagi 15? karena angka 15 ini adalah jumlah seluruh mata pelajaran.

Pendidikan Agama
Pendidikan Kewarganegaraan
Bahasa Indonesia
Matematika
Sejarah Indonesia
Bahasa Inggris
Seni Budaya
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Prakarya
Muatan Lokal : Bahasa Sunda
FIsika
Kimia
Biologi
Matematika Peminatan
Lintas Ekonomi




Rumus Mencari Nilai Rata-Rata dengan kondisi tertentu
Jika Anda menggunakan rumus penjumlahan dengan SUM maka Anda dapat menuliskan rumus diatas dengan formula =SUM(G21:G35)/15 hasilnya sama dengan rumus =AVERAGE(G21:G35). Kedua rumus tersebut akan menghasilkan nilai atau angka 79.47

Demikian tutorial singkat cara menghitung nilai rata-rata raport menggunakan rumus fungsi AVERAGE semoga Anda bisa terbantu dalam menyelesaikan perhitungan atau pengolahan nilai raport dan selamat mencoba.

Related

Rumus Excel 7137569531731553259

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item