Diskusi tentang Excel

Cara Menghitung Tingkat Pertumbuhan Ekonomi dengan Excel

Bagaimana caranya untuk menghitung pertumbuhan ekonomi suatu negara dengan menggunakan Excel? Untuk menghitung laju pertumbuhan ekonomi suatu negara cukup mudah hanya dengan menggunakan operator pengurangan (-) dan perkalian (*). Dengan menggunakan Ms. Excel akan lebih mudah untuk menghitung laju pertumbuhan ekonomi suatu negara tersebut.

ContohSoal:
Suatu negara Pendapatan Nasional Bruto (PNB) rill pada tahun 2015 adalah sebesar Rp. 137.000.000.000.000 (137 triliun) dan pada tahun 2016 terjadi peningkatan PNB menjadi 141.000.000.000.000 (141 triliun). Pertanyaannya adalah berapa laju pertumbuhan ekonomi negara tersebut?

Penyelesaian:
Untuk menghitung tingkat pertumbuhan ekonomi kita gunakan rumus
(PNB peningkatan - PNB rill) / PNB rill x 100%

Rumus Mengetahui Tingkat Pertumbuhan Ekonomi dengan Excel

Mari kita selesaikan menggunakan rumus di Ms. Excel
Langkah pertama silakan tuliskan di kolom B1 PNB rill = 137.000.000.000.000 dan di cell B2 PNB peningkatan 141.000.000.000.000

Langkah berkutnya silakan tuliskan rumus di cell B3 :
=(B2-B1)/B1*100%


Hasilnya adalah 0.03 jika Anda ingin menggunakan simbol persen pada Ms. Excel silakan ganti formatnya menjadi Percentage sehingga hasilnya akan menjadi 3%.

Jadi tingkat pertumbuhan ekonomi negara tersebut adalah 3% per tahun.


Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah:


  1. Faktor Sumber Daya Manusia
    Sama halnya dengan proses pembangunan, pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi oleh SDM. Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting dalam proses pembangunan, cepat lambatnya proses pembangunan tergantung kepada sejauh mana sumber daya manusianya selaku subjek pembangunan memiliki kompetensi yang memadai untuk melaksanakan proses pembangunan dengan membangun infrastruktur di daerah-daerah.
  2. Faktor Sumber Daya Alam
    Sebagian besar negara berkembang bertumpu kepada sumber daya alam dalam melaksanakan proses pembangunannya. Namun, sumber daya alam saja tidak menjamin keberhasilan proses pembanguan ekonomi, apabila tidak didukung oleh kemampaun sumber daya manusianya dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia. Sumber daya alam yang dimaksud dinataranya kesuburan tanah, kekayaan mineral, tambang, kekayaan hasil hutan dan kekayaan laut.
  3. Faktor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mendorong adanya percepatan proses pembangunan, pergantian pola kerja yang semula menggunakan tangan manusia digantikan oleh mesin-mesin canggih berdampak kepada aspek efisiensi, kualitas dan kuantitas serangkaian aktivitas pembangunan ekonomi yang dilakukan dan pada akhirnya berakibat pada percepatan laju pertumbuhan perekonomian.
  4. Faktor Budaya
    Faktor budaya memberikan dampak tersendiri terhadap pembangunan ekonomi yang dilakukan, faktor ini dapat berfungsi sebagai pembangkit atau pendorong proses pembangunan tetapi dapat juga menjadi penghambat pembangunan. Budaya yang dapat mendorong pembangunan diantaranya sikap kerja keras dan kerja cerdas, jujur, ulet dan sebagainya. Adapun budaya yang dapat menghambat proses pembangunan diantaranya sikap anarkis, egois, boros, KKN, dan sebagainya.
  5. Sumber Daya Modal
    Sumber daya modal dibutuhkan manusia untuk mengolah SDA dan meningkatkan kualitas IPTEK. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas

5 Hal yang Perlu dilakukan oleh pemrintah untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi suatu negara bisa dipercepat oleh pemerintah itu sendiri, diantaranya negara tersebut harus melakukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Kebijakan diversivikasi kegiatan ekonomi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memodernkan kegiatan ekonomi yang ada. Sedankan langkah penting yang harus dilakukan adalah mengembangkan kegiatan ekonomi yang baru yang dapat mempercepat informasi kegiatan ekonomi yang bersifat tradisional kepada kegiatan ekonomi yang modern.
  2. Mengembangkan infrastruktur, modernisasi pertumbuhan ekonomi memerlukan infrasturuktur yang modern pula. Berbagai kegiatan ekonomi memerlukan infrastruktur yang berkembang, seperti jalan, jembatan, lapangan terbang, pelabuhan, kawasan perindustrian, irigasi dan penyediaan air, listrik dan jaringan telepon.
  3. Meningkatkan tabungan dan investasi, pendapatan masyarakat yang rendah menyebabkan tabungan masyarakat rendah. Sedangakan pembangunan memerlukan tabungan yang besar untuk membiayai investasi yang dilakukan. Kekurangan invesatsi selalu dinyatakan sebagai salah satu sumber yang dapat menghambat pembangunan ekonomi. Oleh sebab itu syarat penting yang perlu dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi adalah meningkatkan tabungan masyarakat
  4. Meningkatkan taraf pendidikan masyarakat, dari segi pandangan individu maupun dari segi secara keseluruhan, pendidikan merupakan satu investasi yang sangat berguna dalam pembangunan ekonomi. Individu yang memperoleh pendidikan tinggi cenderung akan memperoleh pendapatan yang lebih tinggi, jadi semakin tinggi pendidikan maka semakin tinggi pula pendapatan yang diperoleh
  5. Merumuskan dan melaksanakan perencanaan ekonomi, kebijakan pemerintah yang konvensional yaitu kebijakan fiskal dan moneter tidak dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang diharapkan. Untuk mengatasinya pada tahap mula dari pembangunan ekonomi perencanaan pembanguna perlu dilakukan. Melalui perencanaan pembangunan dapat pula ditentukan sejauh mana investasi swasta dan pemerintah perku dilakukan untuk mencapai suatu tujuan pertumbuhan yang telah ditentukan
Demikian bagaimana cara menghitung atau mengetahi berapa persen tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara, dengan demikian Anda sekarang sudah mengetahui caranya dan semoga Anda bisa menyelesaikan apabila ada tugas kuliah atau sekolah.

Selamat mencoba.

Related

Rumus Excel 3803015045150296298

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item