Diskusi tentang Excel

Gabungan Rumus VLOOKUP(MATCH untuk Menampilkan Data

Anda sudah tau kan penggunaan rumus VLOOKUP? Hemm, rumus VLOOKUP ini sudah banyak sekali digunakan oleh berbagai pihak karena rumus ini selain mudah digunakan tentunya mampu juga mengatasi masalah pekerjaan di kantor Anda. Kali ini saya akan mencoba bagaimana menggabungkan dua buah rumus yaitu VLOOKUP dengan rumus MATCH. Yang belum mengetahui bagaimana penggunaan rumus VLOOKUP

Silakan simak
Penggunaan dan contoh Rumus VLOOKUP dengan LEFT

Sebelum saya menggabungkan rumus VLOOKUP dengan MATCH ini terlebih dahulu Anda harus mengetahui cara menggunakan rumus Vlookup karena jika Anda belum paham saya kira akan merasa kesulitan dalam menggabungkannya dengan rumus MATC.

Syntax Rumus Vlookup
=VLOOKUP(lookup value, range containing the lookup value, the column number in the range containing the return value, optionally specify TRUE for approximate match or FALSE for an exact match)

Contoh : VLOOKUP(A1,C1:E10,2) 
Rumus tersebut akan membaca tabel array dari cell C1 sampai dengan cell E10 yang sesuai dengan value di cell A1 pada kolom ke-2.


Sedangkan rumus MATCH digunakan untuk mencari data, sebenarnya kedua rumus ini tidak jauh berbeda secara fungsi namun mari kita coba menggabungkan untuk menyelesaikan contoh soal dibawah ini. Misalnya saya memiliki tabel seperti gambar berikut ini


Dari tabel diatas terlihat bahwa setiap sales memiliki pendapatan yang berbeda dari dari berbagai kota, Jika kita masukan untuk kota Surabaya berapa pedanapatan untuk Sales Melani?

Untuk mengetahui hasilnya kita gunakan penggabungan rumus antara VLOOKUP dengan MATCH maka rumus yang harus Anda tuliskan adalah di cell C12 dengan formula

=VLOOKUP(C11,A2:E7,MATCH(C10,B2:E2,0)+1,0)

Hasilnya adalah 4.000.000

Mudah bukan?
Agar lebih gampang dalam memahami rumus diatas mari kita gunakan penamaan pada range untuk memberi nama range sudah pernah saya bahasa silakan lihat

Cara Membuat Nama Range dan Menggatinya

Langkah pertama kita akan memberi nama untuk seluruh data tabel tersebut dengan nama "Database" Maka silakan Anda blok range A2:E7 dan klik kanan kemudian Define Name, ketikkan di kolom Name "Database" kemudian lihat Refers to jika sudah benar adalah "=Sheet1!$A$2:$E$7" kemudian silakan klik tombol OK


Berikutnya lakukan atau buat kembali Define Name untuk kota silakan blok cell B2:E2 kemudian lakukan kembali klik kanan dan pilih Define Name beri nama pada kolom Name dengan kata "Kota" kemudian lihat Refers to menjadi "=Sheet1!$B$2:$E$2" klik OK untuk mengakhirinya.


Langkah berikutnya adalah kita akan memberi nama range untuk nama sales maka silakan blok range A3:A7 kemudian klik kanan pilih Define Name dan beri nama "NamaSales" lihat Refers to menjadi "=Sheet1!$A$3:$A$7" akhiri dengan klik OK Sebenarnya untuk nama sales ini tidak perlu diberi name range juga tidak masalah karena tidak dihitung dalam rumus yang akan kita buat namun hal ini supaya Anda bisa memahami lebih jelas lagi.

Langkah akhir Anda bisa mengganti rumus diatas dengan formula =VLOOKUP(C11,Database,MATCH(C10,Kota,0)+1,0)

Hasilnya : 4.000.000


Kelemahan menggunakan rumus ini juga apabila Anda salah dalam mengetikkan nama kota dan nama sales atau kedua nama tersebut tidak sesui dengan list daftar nama dan daftar kota yang tertulis pada database maka hasilnya akan diperoleh #N/A. Kesalahan ini bukan berarti rumus Anda salah melainkan Anda salah mengetikkan salah satu nama mungkin itu salah mengetik nama kota atau nama salesnya. Contoh perhatikan gambar tabel dibawah ini


Terlihat pada tabel diatas yang ditunjukan oleh anak panah warna merah pertama tertulis "Surabayaa" dan hasil atau kolom pendapatan adalah "#N/A" Hal ini terjadi karena nama "Surabayaa" tidak ada karena yang ada adalah "Surabaya". Anda berarti kelebihan menulis huruf a pada kata Surabayaa.

Untuk mengatasi hal tersebut ada solusi yang bisa dilakukan oleh kita yaitu dengan menggunakan validasi data (Data Validation) Lalu bagaimana caranya?

Berikut cara mengatasi dengan menggunakan Data Validation.

Silakan Anda aktifkan di cell C10 kemudian kelik menu "Data" lalu silakan pilih atau klik "Data Validation" dan pilih Allow "List" kemudian Source pilih "=Kota" karena name range sudah diganti, tetapi kalo belum diganti maka Source menjadi "$B$2:$E$2"


Lakukan hal yang sama untuk List "Sales" sehingga jika Anda melakukan dengan benar maka Anda tidak usah mengetikkan nama kota atau nama sales nya melainkan hanya bisa memilih melalui Combobox yang telah dibuat tersebut. Jadi data sales adalah list nama sales yang sudah terdaftar saja dan nama kota adalah list yang sudah terdapat dalam data diatas.


Demikian, bagaimana cara menggabungkan dua buah rumus Vlookup dengan MATCH, semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil.

Related

Rumus Excel 6356950577226193132

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item