Diskusi tentang Excel

Membuat Laporan Sewa / Rental Mobil dengan Excel

Mudahnya membuat laporan keuangan untuk sewa mobil (rental mobil) mengunakan Ms. Excel. Selain fungsi Ms. Excel digunakan untuk mengelola keuangan keunggulan Ms. Excel juga bisa membuat sebuah grafik laporan keuangan. Bagi Anda yang bergelut di bisnis rental mobil tentunya Anda harus bisa memanajemen keuangan agar bisa dan mampu dilihat apakah bisnis Anda untung atau malah rugi. Dengan adanya manajemen keuangan yang tepat tentunya Anda bisa menganalisa dengan mudah bisnis yang Anda jalankan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana membuat laporan keuangan sewa (rental) mobil. Bagi sebagian orang yang memiliki bisnis ini terkadang yang penting ada pemasukan maka mereka menganggap bahwa bisnis yang dijalankan memiliki keuntungan dan layak. Sebenarnya untuk membuat laporan keuangan sewa mobil tidaklah sulit Anda bisa menggunakan Ms. Excel sebagai program / software untuk membuat laporan. Laporan sewa mobil ini bisa berupa bulanan/triwulan/semester atau bahkan tahunan. Jika Anda menjalankan bisnis ini secara mandiri tanpa melibatkan pihak lain sebagai karyawan dari usaha Anda tentunya Anda juga harus lebih maksimal dalam mengelola keuangan tersebut.

Baiklah bagaimana seh caranya membuat laporan keuangan sewa / rental mobil dengan Excel itu?

Pertama Anda bisa lihat sebuah tabel yang sudah jadi adalah laporan sederhana rental mobil dengan waktu sewa dan batas maksimal penyewaan. Apabila penyewa melebihi batas maksimal penyewaan maka akan dikenakan denda. Namun perlu diingat ini hanya sekedar contoh saja yang paling penting adalah Anda dapat mengetahui rumus-rumus excel yang digunakan dalam membuat laporan rental mobil ini.


Dari contoh laporan tabel diatas jelas terdapat tanggal sewa yang merupakan waktu mulai penyewaan rental mobil kemudian ada juga data tanggal kembali yaitu tanggal yang  harus dikembalikan oleh si penyewa maka akan diperoleh lamanya sewa kemudian untuk tarif ini disesuaikan dengan kondisi pasaran pada daerah Anda dan tarif ini akan menentukan berapa jumlah biaya yang harus dibayarkan oleh si penyewa rental mobil tersebut. Apabila lama sewa melebihi dari 15 hari maka akan dikenakan denda dan denda tersebut ditentukan sebesar Rp. 100.000 per hari. maka dengan tambahan fitur denda akan diperoleh total biaya akhir yang harus dibayarkan.

Dari ketentuan diatas dapat kita gunakan rumus untuk tanggal sewa yaitu tanggal kembali dikurangi tanggal sewa hasilnya adalah jumlah hari
Silakan  buat rumus pada jumlah hari yaitu =H5-G5 karena tanggal berakhir sewa berada pada cell H5 dan tanggal mulai sewa berada pada cell G5. Anda bisa menambahkan teks atau kata "hari" dengan menggunakan format cell dan pilih Custom dan tuliskan pada typenya menjadi "General "hari "" perhatikan gambar berikutini


Anda juga bisa menambahkan kata "hari" dengan cara yang pernah saya ulas pada artikel di blog ini namun apabila Anda lupa silakan lihat di

Cara Menambah Tulisan Setelah Rumus

Langkah berikutnya kita akan mengihitung jumlah biaya dimana rumus ini akan mengkalikan antara jumlah hari dengan tarif sewa maka dalam contoh diatas dapat dituliskan rumus =I5*J5 silakan copykan ke bawah samai diperoleh hasil perkalian yang sama setiap barisnya.

Untuk denda ketentuannya adalah apabila sewa melebihi 15 hari maka akan dikenakan denda sebesar Rp. 100.000 per harinya Anda bisa membuat rumus =IF(I5>15,(I5-15)*100000,0) tekan OK dan silakan copykan rumusnya ke bawah sampai diperoleh berapa denda yang harus dibayarkan oleh masing-masing penyewa. Untuk hasilnya tentunya akan berbeda-beda tergantung berapa hari masa denda yang dilakukan oleh si penyewa tersebut.

Langkah terakhir adalah kita akan menghitung jumlah total yang harus dibayar setelah ditambahkan dengan denda maka rumusnya adalah =K5+L5 dan hasilnya silakan lihat sendiri kemudian copykan juga rumus tersebut dengan cara drag ke bawah sampai ke penyewa terakhir.


Selesai. Anda sudah bisa membuat sebuah laporan sederhana untuk rental/sewa mobil menggunakan rumus Excel. Dengan laporan penghasilan sewa rental mobil yang Anda buat maka akan memudahkan bagi si pemilik rental untuk menganalisa usaha yang dijalaninya.

Semoga bermanfaat.

Related

Rumus Excel 2475611575126301864

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item