Diskusi tentang Excel

Mengambil Kesimpulan dengan Test Logika IF(AND

Rumus fungsi IF memang mampu digunakan untuk mengambil sebuah kesimpulan berdasarkan kondisi tertentu. Dalam hal ini rumus IF tersebut bisa digunakan untuk menentukan beberapa kesimpulan yang bisa diambil pada sebuah kasus sehari-hari. Pada Ms. Excel sering sekali kita dihadapkan dengan berbagai sebuah pertanyaan "Bagaimana, Apabila/Jika" kata pertanyaan tersebut dapat kita jawab dengan sedikit berlogika menggunakan rumus IF.

Silakan Baca:
Rumus IF dengan 5 Kriteria berikut contohnya

Rumus IF yang dimaksud adalah rumus IF ganda/multi karena ada dua ketentuan yang diambil. Untuk lebih jelasnya misalnya saya memiliki sebuah kasus seperti berikut ini

" Pak Vino adalah seorang programmer yang kebingungan untuk mengambil keputusan bahwa dia harus pergi ke Bandung pada hari Selasa. Namun dengan beberapa kondisi yang tidak memungkinkan dia tidak akan pergi ke Bandung. Kondisi tersebut adalah jika cuaca hujan dan kondisi jalan macet maka Pak Vino tidak akan jadi pergi ke Bandung dan walaupun kondisi lancar namun cuaca hujan dia juga tidak akan jadi pergi ke Bandung begitupun jika kondisi jalan macet walaupun cuaca cerah dia juga tidak akan pergi ke Bandung, tetapi apabila kondisi lancar dan cerah maka dia akan pergi ke Bandung."

Dari kondisi pernyataan diatas Anda bisa membuat sebuah kesimpulan berupa tabel untuk test logika dan test logika ini bisa dijadikan acuan untuk Pak Vino. Anda bisa menggunakan rumus fungsi IF ganda

Baca:
Penggunaan Rumus IF(AND, IF(OR, IF(NOT

Untuk membuat sebuah kesimpulan yang dapat diambil oleh Pak Vino Anda bisa membuat tabel seperti dibawah ini :


Sekarang tugas Anda adalah untuk membuat sebuah rumus menggunakan fungsi IF(AND pada cell C3. Lalu bagaimana penggunaan rumus tersebut?

Perhatikan untuk membuat rumus tersebut ada 2 Logika / ketentuan yang harus Anda buat dengan melihat contoh kasus diatas:

Pak Vino akan pergi ke Bandung jika dalam kondisi Lancar dan Cerah, selain dua kondisi tersebut Pak Vino akan tetap di rumah.

Tuliskan Rumus :
=IF(AND(A3="lancar",B3="cerah"),"Pergi ke Bandung","Diam di Rumah")

Artinya:
Jika di cell A3 kondisinya "Lancar" dan di cell B3 cuacanya "Cerah" maka di kolom kesimpulan akan menghasilkan "Pergi ke Bandung" selain dua kondisi diatas maka "Diam di Rumah". Perhatikan hasilnya jika saya enter rumus diatas akan menghasilkan "Diam di Rumah"



Silakan copykan rumus diatas ke bawah sehingga diperoleh hasil seperti gambar dibawah ini



Dari tabel diatas terlihat Pak Vino akan pergi ke Bandung apabila kondisi "Lancar" dan cuaca "Cerah" selain kedua kondisi tersebut maka Pak Vino akan diam di rumah.

Demikian bagaimana mengambil kesimpulan dengan test logika menggunakan rumus fungsi IF ganda (dua kondisi) semoga bermanfaat.

Simak :
Koleksi contoh rumus IF Excel

Related

Rumus Excel 1875981106295932842

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item