Diskusi tentang Excel

Menghitung Tanggal Jatuh Tempo dengan Fungsi DATE(YEAR(MONTH(DAY

Excel-id.com | Rumus fungsi DATE bisa digunakan untuk kebutuhan kita menganalisa atau menghitung tanggal jatuh tempo pada sewa tempat/barang. Dalam kehidupan sehari-hari para pengusaha biasanya memiliki bisnis penyewaan barang/tempat. Bisnis ini memang sangat menggiurkan namun membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Perhitungan waktu jatuh tempo harus memiliki dasar tanggal mulai sewa artinya tanggal mulai sewa ini akan menjadi acuan untuk menghitung kapan berakhir masa sewa (jatuh tempo) jika lama sewa diketahui. Untuk contoh perhitungan akan saya bahas pada artikel kali ini.

Perhatikan gambar tabel berikut ini


Dari tabel diatas kita bisa menentukan kapan tanggal jatuh tempo jika lama sewa telah ditentukan seperti gambar diatas. Sengaja saya tuliskan untuk perhitungan lama sewa dalam tahun, lama sewa dalam bulan dan lama sewa dalam hitungan hari.

Untuk menghitung tanggal jatuh tempo sewa ruko menggunakan lama sewa tahunan misalnya saya tuliskan tanggal sewa untuk ruko adalah 01-06-2011 jika lama sewa adalah 3 tahun maka akan diperoleh tanggal jatuh tempo 01-06-2014. Hasil tersebut menggunakan rumus fungsi DATE dengan perhitungan YEAR(MONTH(DAY.

Rumus/Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo



Rumus di Cell E5 untuk menghitung berapa tanggal jatuh tempo untuk lama sewa 3 tahun
=DATE(YEAR(C5)+D5;MONTH(C5);DAY(C5))
Hasilnya : 01-06-2014



Lalu bagaimana jika tanggal jatuh tempo yang akan kita cari dengan lama sewa berdasarkan bulan? Misalnya data diatas adalah untuk sewa komputer dimulai dari tanggal sewa 20-09-2011 kemudian untuk lama sewa adalah 24 bulan (2 tahun) maka akan diperoleh tanggal jatuh tempo 20-09-2013 hasil tersebut dikarenakan saya menggunakan rumus :

=DATE(YEAR(C6);MONTH(C6)+D6;DAY(C6))



Untuk menghitung tanggal jatuh tempo dengan lama sewa hitungan hari akan berbeda dengan bulan dan tahun seperti contoh diatas adalah untuk nama barang Mobil Angkut dengan tanggal mulai sewa adalah 10-10-2011 kemudian lama sewa sebanyak 15 hari maka akan diperoleh tanggal jatuh tempo 25-10-2011 hasl ini karena saya gunakan rumus :

=DATE(YEAR(C7);MONTH(C7);DAY(C7)+D7)

Gimana? mudah bukan? semoga dengan tulisan ini Anda bisa menghitung bagaimana cara menghitung tanggal jatuh tempo dengan rumus tanpa Anda harus menghitung kalender atau jari tangan Anda.

Demoga bermanfaat.

Baca:
Konversi Jam Ke Menit dengan Rumus Excel

Related

Rumus Excel 8506255242152423501

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item