Diskusi tentang Excel

Pengertian Microsoft Excel Lengkap dengan Fungsinya

Pengertian Microsoft Excel Lengkap dengan Fungsinya | Apa yang dimaksud dengan Microsoft Excel? dan untuk apa fungsinya? Pada blog excel-id ini banyak sekali tutorial mengenai Excel dan lebih dari 300 rumus yang disediakan dalam blog ini, namun bagi Anda yang baru mengenal Excel apa seh Microsoft Excel itu?

Banyak sekali yang mendefinisikan pengertian Microsoft Excel dan saya kira itu wajar sepanjang tidak keluar dari fungsi serta kegunaannya.


Lalu apa Microsoft Excel itu?

Microsoft Excel adalah suatu program aplikasi yang merupakan bagian dari Microsoft Office dan digunakan untuk mengolah data angka, grafik, maupun tabel. Microsoft Excel ini dikeluarkan oleh Microsoft Corporation yang merupakan perusahaan software terbesar saat ini. Aplikasi Microsoft Excel ini banyak sekali digunakan di berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah. Selain interface yang mudah digunakan oleh user fitur rumus nya pun lengkap serta mudah untuk dipelajari. Perkembangan Microsoft Excel ini sangat signifikan dari mulai versi 5.0 sampai dengan saat ini versi Microsoft Excel 2016.

Jika kita melihat sejarah perkembangan aplikasi Microsoft Excel ini pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".

Baca:
Pengen Ahli Microsoft Excel?

Jika kita melihat perkembangan dari Microsoft Excel ini mungkin Anda pernah mengalami Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.

Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam praktiknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.

Perkembangan fitur tambahan "Macro Visual Basic for Aplication (VBA)"

Fitur yang dapat digunakan di Ms. Excel ini adalah adanya tambahan yang dapat dimanfaatkan secara mandiri menggunakan coding / script VBA. Bagi pada programmer bahasa VBA ini sudah tidak asing lagi dan sangat mampu membantu meningkatkan kelebihan penggunaan Microsoft Excel.  Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.

Seperti yang pernah saya posting sebelumnya Microsoft Excel dapat dikembangkan dan bisa digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi berbasis VBA Excel.

Anda bisa Lihat
Aplikasi Pilkades dengan VBA

Rumus-Rumus Microsoft Excel yang sering dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan adalah
  1. Rumus AVERAGE, digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dalam suatu range.Anda bisa lihat bagaimana saya mengetahui atau menghitung berapa nilai rata-rata raport
  2. Rumus COUNT, merupakan rumus untuk menghitung banyak angka(hanya angka) dalam sebuah range. Contoh =count(A2,A5)
  3. Rumus COUNTA, dugunakan untuk menghitung banyak data (dpt berupa angka atau huruf) dalam sebuah range dan caranyapun masih sama dengan count. countif, dugunakan untuk menghitung banyak data dengan criteria tertentu, misalnya dalam sebuah range ada beberapa sell yang sama, maka kita dapat menentukan ada berapa banyak sell yang sama tersebut. Contoh =countif(B15:B20,criteria sma yg dicari)
  4. Rumus SUMIF, digunakan untuk menghitung jumlah data dengan criteria tertentu dan kemudian data yang sama tersebut ditotalkan, caranya cukup dengan memasukkan rangenya, criteria yg sma, kemudian masukkan range yg akan dijumlahkan. contoh; =SUMIF(F17:F22,2,F17:F22)
  5. Rumus SUM, yaitu rumus yang digunakan untuk menjumlahkan total dari beberapa range,contohnya saja =SUM(A1:A5)
  6. Rumus MIN, yaitu rumus yang digunakan untuk mengetahui variable angka yang paling kecil, caranya dengan menggabungkan beberapa range dari yang ingin diketahui jumlah yang paling kecilnya, contoh =min(A2:A17)
  7. Rumus MAX, merupakan kebalikan dari min, caranya pun juga sama contoh; =max(A5:A15)
  8. Rumus RIGHT, yaitu penggunaan untuk mengambil beberapa karakter dari sebelah kanan, caranya dengan memasukkan text atau juga sell yang dipilih. contohnya; =right(B15,3)
  9. Rumus MID, yaitu penggunaan untuk mengambil beberapa karakter dari tengah, cukup memasukkan teks/sellnya kemudian masukkan start num/dimulai dari karakter berapa dan terakhir masukkan isi berapa karakter ingin diisi, contoh; =mid(A5,2,5)
  10. Rumus LEFT, ini adala kebalikan dari right, yaitu mengambil karakter dari sebelah kiri, contoh =left(A1,3)
  11. Rumus HLOOKUP, merupakan rumus untuk mengambil rumus dari table secara horizontal. Caranya kita harus menentukan range table yang akan jadikan pedoman, dan kemudian tekan f4 di range tersebut guna untuk mengunci range tersebut agar nantinya ketika dicopy rumusnya tidak error. Yang harus dilakukan yaitu, mengisi lookup value,table array,rowindeksnum,dan range lookupnya
  12. Rumus VLOOKUP, merupakan kebalikan dari hlookup, dengan mengambil rumus secara vertical. Dan caranya pun juga masih sama dengan Hlookup
  13. Rumus IF, merupakan penggunaan rumus yang menurut saya agak sulit karena rumusnya adalah yang paling panjang dan juga menggunakan logika, caranya kita harus menentukan terlebih dahulu apa saja yang ingin  dibuatkan logikanya. Kemudian isi logical test, value is true, da kemudian value is false

Fungsi Utama Microsoft Excel

Apa seh fungsi utama dari Microsoft Excel itu? Jika Anda melihat pengertian dari Microsoft Excel diatas maka sudah jelas bahwa fungsi microsoft excel digunakan untuk mengolah data angka, grafik dan tabel jadi apabila Anda akan mengolah data angka melalui perhitungan matematika, logika, maupun statistik maka program aplikasi ini sangat cocok digunakan.

Tidak sedikit juga aplikasi berbasis apapun baik itu web based maupun desktop yang dikembangkan oleh para programmer Indonesia maupun manca negara yang memberikan fasilitas import dan export berfupa file excel dan bahkan ada software yang mampu mengkonversi format lain ke format excel atau sebaliknya. Sehingga tidak heran program aplikasi ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Bukan hanya itu ada juga beberapa perusahaan yang merekrut karyawannya dengan catatan atau syarat harus mahir Microsoft excel untuk bisa bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Anda bisa menggunakan fasilitas untuk mempercepat pengoperasian Ms. Excel dengan menggunakan fasilitas shortcut. Beberapa sortcut yang bisa dimanfaatkan beserta fungsinya Adan bisa lihat pada daftar dibawah ini :
Ctrl + A Memiilih / menyeleksi seluruh isi dari worksheet  (select all)
Ctrl + B Membuat Bold area / sel yang diseleksi
Ctrl + I Membuat  italic area / sel yang diseleksi
Ctrl + K Menyisipkan link.
Ctrl + U Membuat garis bawah  area / sel yang diseleksi
Ctrl + P Menampilkan kotak dialog print untuk memulai mencetak.
Ctrl + Z Membatalkan langkah/tindakan terakhir.
F2 Edit sel yang dipilih
F5 Menuju ke sel tertentu. Sebagai contoh, E7.
Shift + F5 Memunculkan kotak pencarian
F7 Memeriksa ejaan teks yang dipilih dan/ atau dokumen
F11 Membuat Chart
Shift + F3 Membuka jendela rumus Excel
Ctrl + Shift + ; Memasukan waktu saat ini.
Ctrl + ; Memasukan tanggal.
Alt + Shift + F1 Membuat Worksheet baru.
Ctrl + 5 membuat strikethrough sel /area yang dipilih
Ctrl + F9 Minimize jendela window
Ctrl + F10 Maximize jendela window
Ctrl + F6 Beralih di antara file excel yang sedang dibuka
Ctrl + Page up Memilih  Sheet ke arah kiri
Ctrl + Page down Memilih  Sheet ke arah kanan
Ctrl + Tab Beralih di antara Dua atau lebih file exel yang terbuka
Alt + = Membuat rumus untuk jumlah semua sel di atas
Ctrl + ' Memasukan nilai di atas ke dalam sel sel yang dipilih.
Ctrl + Shift + ! Format nomor dalam format koma.
Ctrl + Shift + $ Format angka dalam format mata uang.
Ctrl + Shift + # Format nomor dalam format tanggal
Ctrl + Shift + % Format nomor dalam format persentase
Ctrl + Shift + ^ Format nomor dalam format ilmiah.
Ctrl + Shift + @ Format nomor dalam format waktu.
Ctrl + Arrow key  Pindah ke bagian berikut teks.
Ctrl + Space  Pilih seluruh kolom.
Shift + Space Pilih seluruh baris.

Baca:
20 Shortcut Key untuk mempercepat pengolahan Microsoft Excel

Fungsi Microsoft Excel juga banyak digunakan untuk menyelesaikan masalah akuntasi keuangan dengan fasilitas rumus yang bisa digunakan Anda bisa menyelesaikan administrasi keuangan dan mampu membuat laporan keuangan yang akurat. Lihat Contoh Laporan Keuangan dengan Excel

Oke, itulah pengertian Microsoft Excel yang disertai fungsinya secara lengkap yang bisa saya jelaskan dan untuk bisa memahami untuk belajar Microsoft Excel silakan baca-baca link materi yang ada di blog Excel-id ini. Semoga bermanfaat.

Related

Rumus Excel 2257192423013521337

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item