Diskusi tentang Excel

Rumus Untuk Menghitung Biaya Total Produksi Pake Excel



Biaya total produksi dipengaruhi oleh biaya tetap dan biaya variabel jadi apabila Anda akan menentukan berapa biaya produksi suatu barang maka harus memperhatikan berapa biaya tetap dan berapa biaya variabel nya. Kali ini saya akan berbagai bagaimana cara menentukan atau menghitung berapa biaya total produksi dengan menggunakan rumus excel.

Syntax/Rumus:

Biaya Total Produksi = Biaya Tetap + Biaya Variabel

Di dalam Ms. Excel untuk menentukan berapa biaya produksi hanya menggunakan 1 operator perhitngan yaitu + (Penjumlahan). Di Ms. Excel biasa dikenal dengan SUM.

Silakan pelajari :
Penjumlahan menggunakan Macro Excel

Baca juga : Rumus penjumlahan, perkalian, pembagian, pengurangan dengan Excel

Sebelum kita mengetahui berapa biaya total produksi terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan biaya tetap? karena biaya tetap mempengaruhi total biaya produksi. Berikut Anda harus baca pengertian biaya tetap

Pengertian Biaya Tetap dan Biaya Variabel

Biaya adalah pengeluaran ekonomis yang diperlukan untuk perhitungan proses produksi. Biaya ini didasarkan pada harga pasar yang berlaku dan pada saat proses ini sudah terjadi maupun belum terjadi. Menurut ilmu ekonomi, biaya terbagi menjadi dua yaitu biaya eksplisit dan biaya implisit. Biaya eksplisit adalah biaya-biaya yang terlihat secara fisik seperti uang. Sedangkan biaya implisit adalah biaya-biaya yang tidak terlihat secara langsung yaitu misalnya penyusutan barang modal.

Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah dengan peningkatan atau penurunan jumlah barang atau jasa yang dihasilkan. Biaya tetap merupakan biaya yang harus dibayar oleh perusahaan terlepas dari aktivita bisnis yang dijalaninya. Yang termasuk kedalam biaya operasional adalah seperti biaya perlengkapan toko, biaya asuransi, biaya tagihan telepon / listrik / air untuk perusahaan, biaya iklan, biaya pajak, biaya pengiriman, biaya perlengkapan kantor, biaya perawatan alat-alat kantor / perusahaan atau biaya perawatan mesin, dan lain sebagainya. Dalam memproduksi suatu barang tentunya diperlukan sebuah proses produksi yang panjang dan terencana dengan baik demi untuk menciptakan suatu produk yang benar-benar berkualitas.

Contoh biaya tetap:
Biaya sewa gedung, biaya asuransi

Sedangkan biaya variabel adalah biaya yang berubah secara proporsional dengan kuantitas volume produksi atau penjualan dengan kata lain apabila jumlah/kuantitas produksi bertambah/naik maka secara otomatis biaya variabel akan naik atau bertambah sesuai perubahan/pertambahan kuantitas dikali dengan biaya variabel per satuan produksi.

Ok, setelah Anda mengetahui pengertian biaya tetap dan biaya variabel maka mari kita lakukan kalkulasi untuk menentukan berapa biaya toal produksi.

Silakan ketikkan di cell C2 untuk biaya tetap sebesar Rp. 15.000.000 dan di cell C3 untuk biaya variabel adalah sebesar Rp. 30.000.000 maka kita jumlahkan di cell C5 dengan rumus =SUM(C2:C3)

Hasilnya adalah : Rp. 45.000.000
Jadi total biaya produksi dapat kita peroleh adalah sebesar Rp. 45.000.000

Perhatikan kalkulasi menggunakan rumus excel  berikut ini



Biaya tetap : Berapapun jumlah barang yang diproduksi, jumlah biaya tetap sama.
Biaya Variable : Jumlah biaya berubah-ubah besarnya tergantung pada kualitas produksi.

Baca:
Cara Menghitung Tingkat Pertumbuhan Ekonomi

Demikian, semoga bermanfaat.

Related

Rumus Excel 7658233997454535867

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item