Diskusi tentang Excel

Administrasi Keuangan Desa Berbasis Excel



Excel-id.com | Administrasi Keuangan Desa Berbasis Excel ternyata tidak kalah hebat dengan aplikasi berbasis lainnya. Kenapa masih banyak aplikasi atau manajemen administrasi menggunakan Microsoft Excel sebagai pengolahan datanya? Yaps. Excel sudah tidak asing lagi bagi kita selain interface yang mudah rumusnya pun masih bisa kita pelajari walaupun perlahan namun pasti bisa.

Ada 4 jenis administrasi desa secara umum yang harus diketahui dan dipahami oleh perangkat desa dan ke-4 jenis tersebut tentunya aparat desa ataupun pengelola administrasi harus menguasainya. Berikut ke-4 administrasi desa yang dimaksud.
  1. Administrasi Desa adalah keseluruhan proses kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dengan memanfaatkan kemampuan Aparat Desa serta segala sumber yang ada untuk mencapai tujuan yang ditetapkan yaitu terwujudnya peningkatan partisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan serta penyelenggaraan administrasi yang makin meluas dan efektif.
  2. Administrasi Umum adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan Pemerintahan Desa pada Buku Administrasi Umum di Desa .
  3. Administrasi Penduduk adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penduduk pada Buku Administrasi Penduduk di Desa.
  4. Administrasi Keuangan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pengelolaan Keuangan Desa pada Buku Adminitrasi Keuangan di Desa .
Untuk model administrasi desa tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ini merupakan standar penulisan sesuai format yang telah ditentukan.

Baca:
Model dan Contoh Buku Administrasi Desa
  1. BUKU ADMINISTRASI UMUM
    a.Model A.1    :  Buku Data Peraturan Desa
    b.Model A.2   :  Buku Data Keputusan Kepala Desa
    c.Model A.3    :  Buku Data Inventaris Desa
    d.Model A.4   :  Buku Data Aparat Pemerintah Desa
    e.Model A.5    :  Buku Data Tanah Milik Desa/Tanah Kas Desa
    f.Model A.6    :  Buku Data Tanah Desa
    g.Model A.7   :  Buku Agenda
    h.Model A.8   :  Buku Ekspedisi
  2. BUKU ADMINISTRASI PENDUDUK
    a.Model B.1    :  Buku Data Induk Penduduk
    b.Model B.2    :  Buku Data Mutasi Penduduk
    c.Model B.3    :  Buku Data Rekapitulasi Jumlah Penduduk Akhir Bulan
    d.Model B.4    :  Buku Data Penduduk Sementara
  3. BUKU ADMINISTRASI KEUANGAN DESA
    a.Model C.1.a :  Buku Anggaran Penerimaan
    b.Model C.1.b :  Buku Anggaran Pengeluaran Rutin
    c.Model C.1.c :  Buku Anggaran Pengeluaran Pembangunan
    d.Model C.2   :  Buku Kas Umum
    e.Model C.3.a :  Buku Kas Pembantu Penerimaan
    f. Model C.3.b :  Buku Kas Pembantu Pengeluaran Rutin
    g.Model C.3.c :  Buku Kas Pembantu Pengeluaran Pembangunan
  4. BUKU ADMINISTRASI Pembangunan
    a.Model D.1.  :  Buku Rencana Pembangunan
    b.Model D.2.  :  Buku Kegiatan Pembangunan
    c.Model D.3    :  Buku Inventaris Proyek
    d.Model D.4   :  Buku Kader-Kader Pembangunan
  5. BUKU ADMINISTRASI Badan permusyawaratan desa
    a.Model E.1.   :  Buku Data Anggota BPD
    b.Model E.2.   :  Buku Data Keputusan BPD
    c.Model E.3    :  Buku Data Kegiatan BPD
    d.Model E.4.a :  Buku Agenda BPD
    e.Model E.4.b :  Buku Ekspedisi BPD
  6. BUKU ADMINISTRASI lainnya
    a.Model F.1    :  Buku Data Pengurus Dan Anggota Lembaga Kemasyarakatan
    b.Model F.2    :  Buku Register
    c.Model F.3    :  Buku Profil Desa
6 model administrasi desa tersebut harus dimiliki oleh setiap desa dan untuk memudahkan tentunya sudah ada format dari masing-masing buku administrasi diatas, Saya dalam hal ini tidak akan membahas bagaimana membuat administrasi yang lain karena akan saya garis bawahi mengenai administrasi keuangan. Keuangan memang jelas sangat berakibat fatal karena jika salah mengetik yang mengakibatkan adanya kurang angka atau digit nol saja akan sangat mempengaruhi terhadap akumulasi RAPBDes.

Silakan simak
Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa

Jumlah dana yang dikucurkan ke desa dari pemerintah melalui APBN dan APBD bukanlah jumlah yang sedikit namun sudah ratusan juta rupiah bahkan beberapa desa sudah mencapai lebih dari 1 m (miliar). Tentunya apabila aparat desa tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi hal ini akan mempersulit bagi kemajuan desa dalam hal pembangunan baik infrastruktur maupun ekonomi.

Penggunaan administrasi keuangan dalam menamajamen desa menggunakan Excel sangatlah sederhana namun yang paling sulit adalah bagaimana mengatur sebuah sistem aplikasi berbasis Excel untuk kebutuhan pengelolaan keuangan di desa. Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat aplikasi desa seperti yang sudah pernah saya buat dalam menciptakan aplikasi-aplikasi berbasis VBA. ya dengan VBA Anda bisa memanfaatkan kelebihan dari fitur excel.

Contoh Anda bisa melihat Buku Administrasi Pembantu Kegiatan Desa buku tersebut juga menggunakan Excel karena dengan excel akan memudahkan perhitungan angka. RAPBS juga menggunakan Ms. Excel tentu saja karena rencana anggaran biaya juga merupakan rincian angka.

Kesimpulan :
Dengan menggunakan Ms. Excel dan memanfaatkan fitur excel yang belum diketahui oleh kita (bisa dikembangkan) tentu banyak sekali hal yang belum kita pahami. Semoga dengan Anda menguasai Excel bisa membantu dalam memanajemen keuangan di desa.

Selamat Bekerja. Salam Exceler....

Related

Berkas Administrasi 2655759492572408235

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item