Diskusi tentang Excel

Contoh Penggunaan Rumus INDEX dan MATCH

Bagaimana cara menggunakan rumus INDEX dan MATCH. Jika Anda mengetahuinya rumus gabungan antaa INDEX dan MATCH ini merupakan pengganti dari rumus VLOOKUP, sedangkan rumus VLOOKUP sendiri sudah banyak digunakan dan saya kira ini cukup mudah dalam penggunaanya saya tidak akan bahas mengenai rumus VLOOKUP silakan pelajari di blog excel ini sudah pernah saya posting kok.

Rumus INDEX ini sebenarnya bisa dilakukan tanpa menggabungkannya dengan fungsi MATCH dan untuk penulisan rumus index silakan perhatikan syntaxnya dibawah ini :


Syntax :
INDEX(array, row_num, [column_num])
Sedangkan untuk syntax gabungan INDEX dan MATCH adalah
=INDEX (column to return a value from, (MATCH (lookup value, column to lookup against, 0))

Berikut contoh penggunaan rumus INDEX dan MATCH



Dari contoh tabel diatas kita akan mengambil type motor dengan cara mengindex kode dari tabel motor dibawahnya. maka kita gunakan rumus di cell E2

=INDEX($A$13:$D$21;MATCH(D2;$A$13:$A$21;0);2)

Kenapa saya gunakan tanda $, karena nantinya rumus tersebut akan ditarik kebawah supaya tidak ada kesalahan hasilnya. Jika penulisan rumus diatas benar maka akan menghasilkan "Jupiter" karena kode "JU" adalah jenis motor Jupiter.

Silakan tarik rumus tersebut ke bawah untuk menghasilkan beberapa jenis motor yang sesuai dengan kode motor dari tabel dibawahnya sehingga terlihat seperti gambar diatas. Sedangkan untuk mencari DP kita akan mengindex kembali dari tabel jenis motor untuk kode "JU" maka kita harus mengetikkan rumus di cell F2

=INDEX($A$13:$D$21;MATCH(D2;$A$13:$A$21;0);3)

Perhatikan rumus yang pertama dan yang kedua diatas, ada perbedaan yaitu untuk angka yang terakhir dimana rumus pertama adalah angka "2" sedangkan rumus yang ke dua adalah "3" hal tersebut karena kita akan memanggil kolom ke-3 dari tabel jenis motor yaitu kolom DP. Jika saya enter hasilnya adalah "1.750.000" karena untuk DP jenis motor "JU" terindek harga DP sesuai dengan tabel dibawahnya.

Lalu bagaimana jika kita akan mencari untuk besarnya angsuran? Anda tinggal ganti dan perhatikan kolom untuk angsuran adalah kolom ke-4 maka silakan tuliskan rumus yang sama dengan diatas namun untuk angka di belakangnya diganti menjadi 4 sehingga akan diperoleh rumus seperti dibawah ini :

=INDEX($A$13:$D$21;MATCH(D2;$A$13:$A$21;0);4)

Silakan tekan enter dan lihat hasilnya yang benar adalah 608.000. Silahkan tarik rumus tersebut ke bawah sehingga diperoleh hasil seperti tabel berikut ini


Gimana sudah benar? Demikian Contoh Penggunaan Rumus INDEX dan MATCH semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan dengan masalah yang berbeda untuk rumus diatas.

Bagaimana penggabungan rumus VLOOKUP dengan INDEX?

Baca juga :
Contoh Rumus INDEX(MATCH cara lain

Related

Rumus Excel 4595895017752035023

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item