Diskusi tentang Excel

Menampilkan Pemisah Ribuan Pada Textbox UserForm dengan VBA

Jika Anda sedang membuat aplikasi berbasis VBA Excel dalam bidang Akuntansi keuangan atau perhitungan data keuangan tentunya tidak terlepas angka rupiah atau dalam istilah lain format curency. Tentunya aaplikasi yang anda ciptakan tersebut mungkin menggunakan UserForm sebagai interface kepada user maka materi kali ini cocok untuk Anda baca lebih lanjut lagi.

Mmebuat textbox yang mampu mengisi format keuangan dan biasanya format keuangan tersebut dipisahkan dengan angka titik dalam ribuan atau ada juga yang menggunakan koma itu tergantung pada si pembuat aplikasi tersebut. Nah disinilah kerennya seorang programmer dalam membuat aplikasi harus berkreasi dan lebih kreatif untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan oleh banyak user.

OK, langsung saja berikut contoh sederhana screen shoot untuk format textbox yang hanya bisa di isi dengan angka dan hasilnya akan dipisahkan oleh titik sebagai pembatas ribuan.


Saya tuliskan 25000000 pada textbox jumlah uang diatas dan ketika Anda enter maka hasilnya akan menjadi 25.000.000 dipisahkan oleh tanda koma atau titik pada ribuan. Bagaimana hal tersebut terjadi Anda bisa mencobanya dengan menggunakan coding VBA.

Baca dulu :
Cara Belajar Membuat Textbox Melalui UserForm

Bagaimana Cara Menampilkan Pemisah Ribuan Pada Textbox UserForm dengan VBA?

Langkah pertama Anda membuat coding atau perintah untuk membatasi entri hanya bisa dimasukan data angka dan jika selain angka maka akan menampilkan pesan peringatan. Kenapa hal ini perlu dilakukan? Jelas sekali karena perintah coding akan membaca apa yang telah dituliskan coba jika tidak maka hasilnya akan error.

Berikut coding untuk membatasi entri data hanya angka

Private Sub EntriHanyaAngkaSaja()
    
    If TypeName(Me.ActiveControl) = "TextBox" Then
        With Me.ActiveControl
            If Not IsNumeric(.Value) And .Value <> vbNullString Then
                MsgBox "Maaf, Hanya angka yang bisa dientri"
                .Value = vbNullString
            End If
        End With
    End If
    
End Sub

Perintah diatas akan menghasilkan apabila textbox diisikan data selain angka maka akan muncul pesan error "Maaf, hanya angka yang bisa dientri"

Langkah berikutnya kita panggil coding EntriHanyaAngkaSaja tersebut kedalam prosedure textbox change. Kenapa saya pilih procedure tersebut karena coding akan dilakukan ketika ada perubahan dalam textbox tersebut.

Berikut codingnya :

Private Sub TextBox1_Change()
    EntriHanyaAngkaSaja
End Sub


Langkah berikutnya silakan tambahkan pula coding untuk textbox exit sebagai berikut
Private Sub TextBox1_Exit(ByVal Cancel As MSForms.ReturnBoolean)
On Error Resume Next
    TextBox1 = Format(CDbl(Me.TextBox1.Value), "#,##0")
End Sub


Selesai deh, silakan coba run program yang sudah dibuat diatas dan lihat hasilnya, Ada perbedaankah dengan tutorial ini? Silakan komentar dibawah

Simak Juga
Cara Membuat Textbox AutoComplete





Related

TextBox 1429688614097944940

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item