Diskusi tentang Excel

Beginilah Cara Menjalankan Macro Otomatis Saat File Excel Dibuka

Hai sahabat Excel-ID masih tetap semangat belajar coding atau Macro VBA? Saya kira masih jika Anda malas lebih baik stop membaca disini dan jangan baca lagi, namun Jika Anda masih tertarik untuk belajar VBA silakan lanjutkan membaca artikel kali ini.

Mari belajar Macro, dan materi kali ini adalah bagaimana cara menjalankan macro VBA otomatis saat File Aplikasi Excel dibuka pertama kali. Cara ini dilakukan dengan melakukan prosedur Open Workbook jadi coding yang harus Anda buat adalah pada This Workbook.

Syntax Coding VBA:
Private Sub Workbook_Open()
Call NamaMacronya
End Sub

Nah pada syntax diatas Anda akan membuat coding dengan prosedure Workbook_Open artinya ketika workbook atau file dibuka maka macro akan mulai dijalankan. Sebenarnya hal ini akan lebih keren lagi jika Anda kreatif . Pada tulisan Call NamaMacronya merupakan nama macro yang akan dijalankan artinya Anda harus membuat terlebih dahulu module macronya misalnya saa akan menampilkan sebuah pesan ketika file excel pertama kali dibuka dengan pesan "Selamat Datan di Aplikasi Keren"

Untuk menampilkan pesan dengan macro sudah saya bahas pada artikel di blog ini silakan cari dan baca kembali

Baca:
Cara Membuat pesan dengan Macro VBA

Nah jika Anda sudah paham bagaimana cara membuat pesan dengan Macro VBA langkah berikutnya tidaklah sulit Anda hanya tinggal membuat module baru saja dan berikut contoh mudule NamaMacronya


Sub NamaMacronya()
MsgBox "Selamat Datang di Aplikasiku", , "Informasi"
End Sub
Untuk tampilan coding VBAnya silakan perhatikan gambar pada desain saya


Silakan Simpan file contoh ini terserah mau dikasih nama apa dan jangan lupa untuk type filenya pilih yang Excel Binary Workbook



Save As Type piliah Excel Binary Workbook, sebenarnya Anda juga bisa pilih type dengan enable Macro namun saya sarankan pilih type Binary saja.

Setelah Anda menyimpannya coba Anda buka file Contoh Aplikasi tersebut dan lihatlah apa yang terjadi pertama kali dibuka maka akan muncul pesan : Selamat Datang di Aplikasiku.

Gak percaya? silakan lihat hasilnya kalo yang punya saya akan tampil berikut :


Ingat Anda harus membuat coding pada ThisWorkbook  bukan pada Sheet dan gunakan prosedure Open, kalo tidak mungkin coding tidak akan berjalan sesuai harapan.

Contoh Lain jika yang akan dibuka pertama kali adalah Form maka buatlah coding berikut
Sub BukaOtomatis()
Sheets("Pembukaan").Activate
UserForm1.Show
End Sub


Untuk contoh penggunaan ini beberapa orang programmer VBA telah menggunakannya dan untuk menghindari adanya perubahan pada data yang seharusnya tidak boleh dirubah oleh user. dan User akan melihat tampilan atau pesan awal saja dan bahkan ada juga yang membuat form full screen untuk menghindari perubahan data pada worksheet.

Demikian semoga bermanfaat

Related

Macro Excel VBA 7419487439467601018

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item