Diskusi tentang Excel

Cara Membuat Combobox Default value pada UserForm

Masih tetap belajar VBA Excel, Anda tentu tahu kan Combobox? Combobox merupakan menu pilihan hampir sama dengan Option Button namun dalam Combobox biasanya terdapat pilihan untuk mengentri sehingga Anda tidak usah mengetikkan data yang diluar pilihan combobox tersebut. Ada pula programmer yang membiarkan usernya untuk menuliskan atau mengetikkan selain dari pilihan yang disediakan oleh combobox. Materi ini akan membahas bagaimana cara membuat combobox yang ketika form di load isinya akan otomatis sebagai pilihan value pertama kali.

Baca:
Cara Membuat Combobox untuk Pemula

Saya yakin Anda sudah mengetahui bagaimana bentuk Combobox yang saya maksud apalagi Anda sudah tidak asing lagi dengan pemrograman VBA atau bahkan bahasa pemrograman lainnyapun biasanya terdapat sebuah combobox. Namun bagi Anda pemula dalam hal pemrograman tentunya hal ini akan terasa asing, Oke, supaya lebih mengenal bagaimana bentuk dari combobox silakan perhatikan berikut contoh combobox yang saya buat.

Ketika UserForm1 pertama kali muncul maka isi dari combobox Kecamatan adalah "Malausma" dan nama kecamatan "Malausma" tersebut dijadikan sebagai default value untuk Combobox Kecamatan.

Langkah membuat Combobox Default Value bagaimana?

Tidak sulit, pertama sebelum Anda membuat UserForm kemudian Combobox sebaiknya terlebih dahulu Anda membuat data list untuk dijadikan source dari isi combobox tersebut. Membuat Combobox dengan Source dari range worksheet sudah pernah saya bahas sebelumnya Anda tinggal lihat-lihat lagi materi yang pernah saya bahas atau Anda bisa

Baca:
Cara Membuat Combobox dengan source Range Worksheet

Setelah Anda mengetahui cara membuatnya mari kita lanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu pengcodean untuk combobox default value. Saya akan membuat coding tersebut pada objek userform dan prosedur Initialize dan berikut coding yang harus Anda copykan pada latihan Anda

Private Sub UserForm_Initialize()
With UserForm1
    .ComboBox1.RowSource = "Kecamatan"
    .ComboBox1.ListIndex = 0
End With
End Sub

Combobox RowSource ="Kecamatan" merupakan nama dari range yang berisi daftar nama kecamatan saya beri nama range adalah "Kecamatan" sebenarnya Anda juga bisa menggantinya dengan nama range standar bukan menggunakan define name.


Untuk menguji apakah combobox default value sudah benar atau tidak silakan run coding yang telah Anda buat tadi lalu perhatikan ketika pertama kali userform muncul nama kecamatan yang terisi adalah "Malausma" karena saya tuliskan pada coding Combobox.ListIndex adalah 0 jika Anda memilik atau menuliskan angka 1 maka hasilnya combobox default value adalah nama kecamatan "Jatiwangi".

Simak:
Lihat Cara Membuat Combobox Multi Kolom

Demikian, apakah Anda berhasil sesuai dengan contoh saya diatas? Jika tidak silakan komentar di bawah artikel ini, jika iya juga silakan komentar agar saya bisa membuat dan memperbaiki contoh combobox yang lain.

Selamat belajar VBA

Related

ComboBox 2629501240217518532

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item