Diskusi tentang Excel

Cara Menghitung Selisih Jam untuk Gaji Lembur di Excel

Hai, sahabat Excel-id, semoga Anda dalam keadaan sehat dan tetap semangat untuk belajar Excel. Materi kali ini merupakan materi untuk para bos atau manajer atau bagian keuangan atau etah apalah namanya, yang jelas saya akan berbagai bagaimana cara menghitung atau bagaimana cara membuat rumus untuk menghitung selisih jam atau menit untuk dijadikan patokan uang lembur yang harus diberikan pada karyawan.

Lembur disini dihitung berdasarkan jam jadi si Bos memiliki patokan berapa gaji atau honor lembur per jam dengan ketentuan terdapat jam masuk dan jam keluar serta berapa uang yang harus dibayarkan untuk 1 jam lembur dan berapa honor yang dibayarkan untuk 1 menit.

Untuk bisa menghitung selisih jam atau menit diharapkan mampu membuat perhitungan total jam kerja serta total uang yang harus dibayarkan kepada karyawan yang telah melaksanakan tugas lembutnya. Tentunya lembur per jam akan berbeda-beda tergantung beban kerja yang ditanggungnya dan jenis perusahaan juga bisa menentukan berapa harga lembur per jamnya.

Berikut skrinshut data perhitungan lembur karyawan


Anda bisa lihat data diatas bahwa total jam kerja akan menghitung pengurangan jam pulan dikurangi jam masuk sehingga gaji lembur atau honor lembur karyawan akan mampu mengkalkulasikan berapa jumlahnya. Total jam dan total gaji yang harus dikeluarkan juga harus dimunculkan agar si Bos bisa menganalisa berapa dana atau anggaran yang harus dipersiapkan untuk membayar gaji lembur karyawan.


Langkah pertama Anda harus memiliki data jam masuk dan jam pulang dan data ini biasanya bagi perusahaan besar menggunakan pinger print namun bagaimana jika perusahaan menengah ke bawah? Nah, ini tergantung teknik dari perusahaan tersebut. Di kolom G adanya pengurangan jam keluar dikurangi jam masuk

Rumus di cell G5 adalah =F5-E5
Hasilnya : 7.45

Anda harus membuat format date atau custom Anda sendiri untuk menampilkan format cell jam dan menit silakan Anda pilih Custom saja dan ketikkan h:mm sehingga hasilnya adalah :


Di kolom H silakan Anda ketikan rumus =HOUR(G5)*$H$2+MINUTE(G5)/60*$H$2 sehingga hasilnya adalah :


Untuk honor uang lembur per jam saya setting Rp. 15.000 dan untuk mengetahui berapa honor per menit maka Anda harus membagi dengan 60 menit sehingga rumus untuk menghitung berapa harga atau nominal honor per menit ?

Rumus : =+H2/60

Oke, demikian semoga Anda bisa menghitung selisih jam dan menit untuk menentukan berapa uang lembur karyawan Anda yang harus dibayarkan dan jangan lupa, bagi zakatnya yaa...


Salam Excel.

Related

Rumus Excel 2783993147411163230

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item