Diskusi tentang Excel

Membatasi Jumlah Digit/Karakter pada Textbox Isian di UserForm

Excel-Id.com | Pembatasan entri data atau karakter pada isian TextBox terkadang sangat dibutuhkan oleh seorang programmer VBA, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kesalahan user dalam mengentri data pada kolom atau textbox isian pada aplikasi. Bukann hanya saja berbasis VBA namun biasanya seorang programmer PHP, JAVA, DELPHI, dan lainnya dalam hal membuat aplikasi entri data mereka membuat sebuah batasan entri karakter/digit yang bisa dientri oleh user atau pengguna aplikasi tersebut.

Beberapa kasus biasanya user terkadang ingin mempercepat pekerjaan dengan mengentri data tanpa memperhatikan kebenaran entri data tersebut sehingga hal ini akan berpotensi terhadap kesalahan entri data. Sebuah database memang merupakan data dasar yang nantinya dibutuhkan untuk kepentingan yang bersngkutan.

Untuk membatasi karakter atau jumlah digit pada contoh kali ini saya akan mencoba membuat sebuah Form sederhana untuk mengentri nama dan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). NISN ini terdiri dari 10 digit nomor yang harus dientrikan oleh user apabila melebihi maka akan muncul sebuah pesan bahwa entri data atau jumlah karakter yang harus diisikan atau dimasukan hanya 10 karakter saja karena NISN jumlahnya 10 digit yang terdiri dari beberapa pengelompokan kode.

Baca:
Cara Membuat Texbox pada UserForm

Cara Membuat Coding Pembatasan Karakter/Digit Angka pada Textbox

Seperti biasanya karena contoh ini menggunakan UserForm sebagai objeknya maka Anda harus menyisipkan UserForm terlebih dahulu terserah mau ukuran berapa yang penting ada UserForm kemudian tambahkan juga TextBox 2 buah dan label kemudian Anda ganti caption untuk Label1 dan Label2 dengan "Nama" dan "NISN".

Oke, lebih jelasnya saya tampilkan berupa gambar userform dibawah ini


Perhatikan gambar diatas ketika Anda mengetikan NISN pada textbox NISN sebanyak 11 digit, maka muncul sebuah pesan informasi bahwa "NISN tidak melebihi dari 10 digit angka" namun apabila Anda mengentri data hanya 10 digit saja maka ketika Anda keluar dari textbox NISN atau menekan enter kursor akan langsung masuk ke textbox Nama Siswa. Nah, kira-kira itulah hasil akhir dari materi kali ini, namun bagaimana cara membuatnya?

Simak:
Cara Membuat Textbox Auto Complete

Coding berikut Anda bisa copy paste untuk menghasilkan gambar seperti diatas, silakan Anda tambahkan dengan double klik pada textbox untuk masuk ke pengetikan kode dan berikut codingnya

Private Sub Textbox1_Exit(ByVal Cancel As MSForms.ReturnBoolean)
    If Len(TextBox1.Value) > 10 Then
        MsgBox "NISN tidak melebihi dari 10 Digit angka", vbInformation, "Informasi"
        Cancel = True
        With TextBox1
            .SetFocus
            .SelStart = 0
            .SelLength = Len(.Text)
        End With
    End If
End Sub


Pada coding diatas Ada menggunakan objek Textbox1 dengan prosedur Exit dan disana terdapat code If Len artinya jika Anda mengetikkan data pada textbox1 lebih dari 10 digit dan Anda bisa merubah berapa digit maksimal untuk entri data pada Textbox tersebut jika lebih dari 10 digit maka munculkan pesan dengan MsgBox "NISN tidak melebihi dari 10 digit angka" Anda bisa mengganti kalimat pada pesan tersebut.

Pelajari Cara Memasukan Data dari Textbox ke Listbox

Related

TextBox 6350820575739721893

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item