Diskusi tentang Excel

Membuat Kotak Pesan (MessageBox) Lebih Dari 1 Baris dengan VBA Excel

Excel-ID | Di penghujung tahun 2016 sepertinya saja jarang untuk update artikel tutorial mengenai excel, bukan karena tidak mau berbagi atau materi sudah habis, yang jelas saya juga sebagai kepala rumah tangga harus mencari nafkah untuk anak dan istri saya hehe...

Baiklah saya tidak akan membahas mengenai keseharian saya sendiri namun saya akan membuat tulisan yang mungkin cukup bermanfaat bagi Anda yaitu bagaimana seh cara membuat pesan (MesssageBox) yang panjang lebih dari 1 baris dan bagaimana caranya membuat pesan yang dapat dilanjutkan pada baris berikutnya.

Sebelum saya menjelaskan dan membuat coding pesan panjang terlebih dahulu Anda harus bisa bagaimana cara membuat pesan (MessageBox) yang panjang dan bisa dilanjutkan pada baris berikutnya agar terlihat rapi serta indah dipandang mata.

Baca:
Belajar Cara Membuat Pesan pada VBA Excel

Pada link artikel diatas Anda akan belajar bagaimana membuat pesan menggunakan VBA atau lebih dikenal dengan macro. Anda akan belajar bagaimana menambahkan modul yang dilanjutkan dengan coding pesan secara standar yang wajib dipelajari untuk belajar pemrograman VBA.

Setelah Anda mampu mempelajari bagaimana cara membuat pesan lalu bagaimana cara membuat pesan yang panjang pada VBA atau Macro Excel? Sebenarnya tidaklah sulit Anda cukup menambahkan sedikit coding jika Anda sudah pernah mempelajari serta membuat pesan secara umum. Baiklah Langkah pertama silakan membuat file baru dan simpan terlebih dahulu dengan type file XLSM atau XLSB terserah keduanya akan berfungsi dengan sempurna jika Anda memilih salah satu type file yang akan dibuat untuk latihan kali ini.

Setelah itu silakan anda buat satu buah UserForm kemudian coba ViewCode dan buat coding seperti dibawah ini:

Sub PesanPindahBaris()
MsgBox "1. Anda belajar VBA dimulai sekarang" _
& vbCrLf & "2. Ini merupakan contoh pesan dengan VBA" _
& vbCrLf & "3. Membuat MessageBox dengan coding VBA mudah"
End Sub


Perhatikan coding diatas untuk membuat pesan perintahnya cukup dengan MsgBox dan untuk berpindah baris silakan tambahkan coding vbCrLf untuk berpindah baris berikutnya dan untuk penulisan coding / program dapat berpindah baris supaya mudah dibaca dan tidak terlalu panjang maka gunakan under skor " _ " Anda bisa melihat contohnya seperti coding diatas.

Setelah Anda menuliskan coding diatas misalnya saya akan memanggil perintah diatas dengan menggunakan userform dan objek CommandButton sehingga perintah akan menjadi seperti berikut ini

Private Sub CommandButton1_Click()
Call PesanPindahBaris
End Sub


Sekarang coba Anda jalankan dengan cara menekan Run dan lihat hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini


Yes, jadi deh. sebuah kotak pesan yang ditampilkan dengan mengklik tombol Tampilkan Pesan akan muncul secara otomatis seperti contoh diatas.

Selamat mencoba

Simak:
Cara Membuat Pesan YES dan NO dengan VBA

Related

Macro Excel VBA 8121564869189380792

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item