Cara Menjumlahkan Berdasarkan Kelompok Data (Group) dengan Rumus SUMIF

Masih membahas mengenai rumus-rumus sederhana di Ms. Excel namun sangat bermanfaat bagi saya dan mudah-mudahan bagi Anda juga sebagai pembaca setiap Blog Excel-ID. Berbicara masalah pengolahan data tak terlepas dari penjumalahan dan pemjumlahanpun bisa berbagai jenis misalnya pemjulahan total pemjulahan berdasarkan kelompok data (group) ada juga yang berdasarkan kriteria, dan atau mungkin ada jenis penjumlahan lain menurut Anda?

Nah, yang akan saya bahas pada tulisan kali ini bagaimana cara menyelesaikan penjumlahan dengan pengelompokan data artinya rumus akan menjumlahkan sesuai kelompok data secara berurut dengan hasil akan disesuaikan dengan data Excel Anda.

Agar Mempermudah untuk mempelajari materi kali ini saya akan mencoba sreen shoot dari Excel secara langsung.



Untuk syntax penulisannya :
=IF(A2=A1;"";SUMIF(A:A;A2;B:B))

Jadi jika Anda akan menyelesaikan tabel seperti gambar diatas maka Anda tuliskan rumus pada alamat cell D3 dengan formula =IF(B3=B2;"";SUMIF(B:B;B3;C:C))

Baca:
Cara Menghitung jumlah data Bersyarat

Contoh dalam tabel diatas adalah memiliki 3 type atau group yaitu Standar, Ekonomi, dan Executive maka hasilnya pun penjumlahan akan terdiri dari 3 angka dan akan ditempatkan pada bagian atas group unik type paketnya.

Oek, semoga bisa dipahami dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menjumlahkan Berdasarkan Kelompok Data (Group) dengan Rumus SUMIF"

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler