Diskusi tentang Excel

Contoh Format Buku Agenda Surat Masuk dan Keluar dengan Excel

Administrasi tata surat harus benar-benar disusun secara rapih sehingga dokumen dapat dilihat kapan saja ketika dibutuhkan. Tata persuratan salah satunya merupakan administrasi yang sangat penting baik di kantor kedinasan maupun di kantor desa. Mungkin bagi desa Anda masih belum memiliki sebuah buku agenda surat masuk dan surat keluar jika jawabannya adalah ya maka Anda bisa baca lebih lanjut tentang artekel ini.

Format buku agenda surat masuk dan surat keluar memang tidaklah sulit karena Anda bisa membuatnya secara simpel namun yang terpenting setiap surat yang dikeluarkan ataupun surat yang diterima selalu diagendakan dengan baik pada buku agenda yang ada di kantor Anda.

Lahirnya Layanan digital Pesan Surat Singkat (SMS)/WA/Email
Nah, kalo berbicara dunia teknologi memang sangat pesat sekali perkembangannya sampai sampai informasi undangan secara format sudah bisa melalui media sosial ataupun SMS, Email, WA. Lalu bagaimana dengan surat manual yang diketikkan lewat komputer dan diprintout melalui mesin printer? Apakah harus dibuatkan juga?

Tentunya ini yang menjadi permasalahan menurut saya, entah sampai hari ini belum menemukan aturan tertulis mengenai surat kedinasan apakah dianggap resmi misalnya undangan dilakukan melalui SMS, WA, EMAIL? lalu bagaimana pengarsipannya? Entahlah mungkin Anda harus membaca UU ITE atau peraturan lainnya yang dianggap resmi menurut undang-udnang.



Baiklah, kembali ke pokok bahasan saya mengenai format surat buku agenda. Buku agenda dalam format excel yang saya buat ini Anda tinggal pakai saja didak usah membuat dari nol lagi atau Anda cukup menambah atau mengurangi kolom yang sekiranya dibutuhkan saja. Format surat ini mencakup kolom tanggal penerimaan atau tanggal pengeluaran artinya untuk tanggal penerimaan berarti kapan atau tanggal berapa surat diterima dan ini merupakan termasuk kedalam surat masuk. Sementara untuk tanggal pengeluaran berarti kapan surat tersebut dikeluarkan atau dibuat dari instansi Anda, maka Anda harus menuliskan pada kolom tersebut.

Di dalam format surat tersebut terdapat nomor surat, tanggal pengirim, nama pengirim dan uraian singkat mengenai isi surat. Pada kolom tersebut Anda juga harus menuliskannya. Untuk isi surat Anda cukup tuliskan uraian singkat tentang isi dari surat tersebut.

Oke, saya kira untuk membuat format surat tidaklah sulit menggunakan Ms. Excel silakan Anda download secara gratis pada link di akhir artikel ini.

Demikian semoga bermanfaat.
Download Format Buku Agenda Format excel

Related

Berkas Administrasi 3425242031450408071

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item