Diskusi tentang Excel

Contoh Format Buku Peraturan Desa dan Kepala Desa

Pengadministrasian di Desa sudah seharusnya tersusun rapi dan tidak berceceran hal ini dimaksudkan desa memiliki arsip yang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Desa biasanya memiliki peraturan tentang desa dan peraturan ini tentunya bisa saja berbeda antara desa yang satu dengan desa yang lainnya. Bukan hanya saja peraturan desa seorang pemimping desa (Kepala Desa) pun tidak menuntut kemungkinan bisa mengeluarkan peraturan kepala desa.

Dalam hal administrasi tentunya setiap hal yang dibuat atau dikeluarkan harus tersimpan dalam sebuah dokumen baik berupa digital maupun hard copy. Dalam hal ini desa harus memiliki buku mengenai peraturan desa dan peraturan kepala desa. untuk menuliskan peraturan desa yang dikeluarkannya.

Dibawah ini merupakan manfaat dibuatkannya peraturan desa

  1. Sebagai pedoman kerja bagi semua pihak dalam penyelenggaraan kegiatan di desa
  2. Terciptanya tatanan kehidupan yang serasi, selaras dan seimbang di desa
  3. Memudahkan pencapaian tujuan
  4. Sebagai acuan dalam rangka pengendalian dan pengawasan
  5. Sebagai dasar .pengenaan sanksi atau hukuman
  6. Mengurangi kemungkinan terjadinya penyimpangan atau kesalahan

Berikut saya mencoba bagaimana membuat sebuah format buku tentang peraturan desa dan kepala desa yang didalamnya memiliki beberapa kolom yang memuat isi penting dari peratguran desa tersebut minimal terdapat kolom nomor surat yang dikeluarkan dan jenis peraturan. Untk lebih jelasnya berikut kolom yang harus Anda buat untuk membuat buku peraturan desa dan kepala desa.

  1. Nomor Urut
  2. Jenis Peraturan Di Desa
  3. Nomor Dan Tanggal Ditetapkan
  4. Tentang
  5. Uraian Singkat
  6. Tanggal Kesepakatan Peraturan Desa
  7. Nomor Dan Tanggal Dilaporkan
  8. Nomor Dan Tanggal Diundangkan Dalam Lembaran Desa
  9. Nomor Dan Tanggal Diundangkan Dalam Berita Desa
  10. Keterangan
Untuk Nomor Urut akan memuat nomor ke berapa peraturan desa tersebut dikeluarkan jika yang pertama kali desa mengeluarkan peraturan maka Anda dapat membuat nomor urut 1 jika peraturan kedua desa telah membuatnya maka dilanjutkan dengan nomor urut 2 dan seterusnya.

Untuk nomor dan tanggal ditetapkan Anda bisa mengentrikan nomor peraturan desa dikeluarkan dan tanggal berapa dikeluarkannya. Kolom tentang pada buku peraturan desa bisa diisikan tentang apa peraturan desa tersebut dibuat, kemudian Anda bisa menguraikannya pada kolom uraian mengenai peraturan desa tersebut. Pada koilom uraian singkat ini Anda tidak perlu menuliskan terlalu banyak kalimat cukup simpel dan mudah dipahami saja. Buku peraturan desa harus ditandatangani oleh sekretaris desa dan kepala desa.

Bagaimana dengan buku peraturan kepala desa? Peraturan ini merupakan peraturan yang materi muatan merupakan penjabaran dari Peraturan Desa atau peraturan yang materi muatannya berdasarkan aspirasi masyarakat.


Berikut contoh format buku peraturan desa




Berikut contoh format buku peraturan Kepala Desa




Untuk contoh format buku peraturan kepaa desa memuat kolom :
  1. Nomor Urut
  2. Nomor Dan Tanggal Keputusan Kepala Desa
  3. Tentang
  4. Uraian Singkat
  5. Nomo Dan Tanggal Dilaporkan
  6. Keterangan
Download Buku Format Excel

Dengan adanya buku peraturan desa dan kepala desa diharapkan desa mampu memanajemen administrasi dengan baik dan tentunya perngarsipan akan mudah serta rapi. Demikian, semoga bermanfaat dan terus maju desa di Indonesia.

Related

Administrasi Desa 1526089955276600827

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item