Diskusi tentang Excel

Contoh Penggunaan Rumus SUM, SUMIF dan SUMIFS untuk Penjumlahan Multiple Kriteria

Rumus SUMIFS, rumus SUMIF, dan SUM memang berbeda dalam hal penggunaan di Ms. Excel namun tentunya dalam berlogika ketiga rumus diatas tidaklah jauh berbeda dan memiliki kesamaan yaitu untuk menjumlahkan. Penjumlahan disini tentunya akan berbeda diantara penggunaan rumus SUM, SUMIF dan SUMIFS.

Oke mari kita coba untuk rumus SUM. Rumus ini sering dipake dalam kegiatan sehari-hari tentunya yang berhubungan dengan Excel  bagaimana fungsi rumus SUM untuk menjumlahkan sudah perah saya bahas dan untuk contohnya saya kira banyak dan rumus dasar ini juga pernah kita pelajari pada saat duduk di bangku SMP atau bahkan mungkin SMA. Karena rumus ini sangat mendasar tentunya Anda harus sudah mampu membuat dan menyelesaikan tanpa mengikuti panduan.



Untuk rumus SUMIF digunakan untuk menjumlahkan data sesuai dengan kriteria. Artinya sistem atau rumus excel tersebut hanya akan menjumlahkan dengan kriteria tertentu yang kita masukan ke dalam rumus tersebut. Mari kita coba contohnya seperti berikut

=SUMIF(F4:F9;"Kumplit";E4:E9) maka hasilnya 190 coba Anda hitung dan jumlahkan secara manual untuk status order Kumplit. Untuk mengecek kebenaranya silakan jumlahkan 90+50+50 dan ketiga data tersebut memiliki status kumplit maka hasilnya adalah 190. Lalu bagaimana jika Anda akan menjumlahkan berapa jumlah seluruh data yang memiliki status pending? Silakan Anda tuliskan rumus =SUMIF(F4:F9;"Pending";E4:E9) maka hasilnya adalah 100.

Bagaimana menggunakan rumus SUMIFS

Nah, ini yang saya kira rumusnya aga sedikit rumit namun, jika Anda sudah menguasai logikanya saya kira tidak masalah. Seperti telah saya uraikan diatas bahwa rumus SUMIFS digunakan untuk menghitung data dengan multiple kriteria (kriteria lebih dari 1) dan pada kasus ini misalnya saya akan menentukan 2 buah kriteria yaitu Pending dan Dibatalkan. Jadi Anda akan mencari berapa jumlah total order untuk data yang memiliki kriteria "Pending" dan "Dibatalkan"

Setelah Anda menentukan kriteria kini saatnya Anda menuliskan rumus maka silakan tuliskan di status pending dan dibatalkan =SUM(SUMIFS(E4:E9;F4:F9;{"Pending";"Dibatalkan"})) maka hasilnya adalah 130

Jika kita logikakan bahawa rumus diatas akan menjumlahkan dengan fungsi SUM dan penjumlahan tersebut memiliki syarat kriteria yaitu Pending serta DIbatalkan. dan silakan jumlahkan secara manual untuk mengecek kebenaran rumus yang Anda tuliskan diatas.

Oke, demikian tutorial penggunakan rumus SUM, SUMIF dan SUMIFS untuk menentukan jumlah berdasarkan multiple kriteria. Semoga bermanfaat.

Related

Rumus Excel 2758108103894113949

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item