Mengacak 20 Data Angka di Excel Tanpa Ada yang Ganda

Hai, sahabat excel-ID, di awal tahun 2017 ini semoga masih tetap semangat untuk belajar Excel, Hmmm ini adalah posting perdana di tahun 2017. Materi yang akan saya bahas adalah bagaimana cara mengacak data angka di Ms. Excel dengan menggunakan rumus. Tentunya banyak di internet ketika Anda browsing yang membahas hal yang sama tidakapalah.



Mengacak data tentunya menggunakan rumus yang sederhana yaitu random (=RAND) rumus standar tersebut akan saya pake untuk membuat acak dan tentunya tanpa adanya data yang ganda. Artinya data yang akan saya acak tidak akan muncul kedua kali pada cell berikutnya. Dengan sedikit otak-atik rumus tentunya Anda juga bisa membuat random angka yang berurutan.

Untuk mengacak angka (Random) pernah saya ulas pada bog ini berupa aplikasi yang menurut saya cukup keren karena bisa digunakan sebagain Un**an. Karena sudah berupa aplikasi yang didesain untuk mengacak data jadi sedikit ada tampilan interface yang harus didesain lebih keren. Langsung saja neh saya kasih link nya yang belum baca silakan simak di

Aplikasi Acak data Angka dengan VBA

Nah, kali ini saya akan mencoba bagaiman mengacak angka pada Ms. Excel dengan menggunakan rumus. Perhatikan tutorial singkat dibawah ini

Langkah pertama silakan Anda buat rumus untuk mengacak angka menggunakan fungsi RAND() misalnya saya akan mengacak data angka pada kolom A maka Anda tuliskan rumus =RAND() pada kolom A



Nah, setelah Anda membuat rumus seperti gambar diatas, kini langkah berikutnya adalah Anda taris rumus diatas hingga ke baris 20. Kenapa ke baris 20 karena saya akan membuat data acak angka sebanyak 20 angka tanpa ada angka yang ganda.


Langkah berikutnya sekarang kita akan menjumlahkan berapa data pada kolom A yang terisi data angka. Kita coba gunakan rumus =COUNTA(A:A) pada cell B1 maka hasilnya adalah angka 20.


Ok, setelah itu sekarang tuliskan rumus di cell D1

=IF(ROW()-ROW(D$1)+1>$B$1/2,"",RANK(OFFSET($A$1,ROW()-ROW(D$1)+(COLUMN()-COLUMN($D1))*($B$1/2),),$A$1:INDEX($A$1:$A$1000,$B$1)))

Tekan enter lalu lihat hasilnya jika sudah ketemu silakan copykan rumus diatas kebawah hingga sesuai kebutuhan dan hasilnya data akan muncul pada baris ke 10 tepatnya di cell D10 selanjutnya buat rumus yang sama di kolom E seperti diatas kemudian tarik juga ke bawah dan lihat hasilnya


Nah, diatas merupakan hasil dari penulisan rumus pada laptop saya, tentunya hasil acaknya akan berbeda beda untuk setiap worksheet di refresh. coba saja Anda double klik pada cell secara sembarang maka hasilnya akan berubah rubah dan lihat hasil pengacakan data angka pada kolom D dan E hasilnya tidak ada yang ganda atau duplikat untuk setiap angka yang muncul hasil acak.

Jika anda akan merubah menjadi lebih dari 20 data angka acak silakan tambahkan atau tarik rumus pada kolom A sebanyak jumlah yang ditentukan lebih dari 20 angka maka hasilnya akan berubah pula.

Demikian bagaimana cara mengacak data angka tanpa menemui data ganda atau duplikat semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 Response to "Mengacak 20 Data Angka di Excel Tanpa Ada yang Ganda"

  1. butuh 30 kolom gimana caranya, tks min

    BalasHapus

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler