Penjumlahan Berdasarkan Nama Hari Menggunakan Rumus SUMPRODUCT

Ketika anda membuat rekap laporan biasanya ada yang menginginkan rekap bulanan, rekap tahunan rekap mingguan dan bahkan rekap total berdasarkan hari yang diambil dari transaksi data harian. Nah bagaimana cara membuat rekap penjumlahan data berdasarkan hari?

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel bagaimana membuat rekap berdasarkan nama hari yang diambil dari data penjumlahan harian.



Nama-nama hari saya tampilkan sesuai dengan nama hari yang ada di Indonesia yaitu dari mulai hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu. Sehingga rumus yang akan saya tuliskan akan mampu membaca berapa total pendapatan untuk hari Seni, berapa total pendapatan untuk hari Selasa dan seterusnya. Excel akan menjumlahkan otomatis dan membaca data dari tabel penjualan tersebut.

Untuk tabel penjualan disana terdapat daftar nama hari yang sesuai dengan tanggal yang tertera pada kolom sebelah kirinya. Hal ini tentunya anda harus mengkonversi tanggal menjadi nama hari.

Anda bisa baca :
Cara merubah (konversi) tanggal menjadi nama hari

Untuk mengkonversi Anda tinggal pake rumus saja silakan cek link yang ada diatas tersebut untuk melihat cara konversi tanggal menjadi nama hari. Untuk tabel rekap saya coba membuat daftar nama hari dalam satu minggu dan saya pakai nomor urut dari 1 sampai dengan 7 untuk setiap nama hari yang berbeda.

Silakan tuliskan rumus pada cell A5
=SUMPRODUCT((WEEKDAY($B$5:$B$17;2)=F5)*$D$5:$D$17)

Hasilnya akan menjumlahkan total pendapatan untuk hari Senin dan apabila Anda enter hasilnya adalah 500.000 silakan cek apakah hari senin jumlahnya 500.00? Dari tabel di sebelah kiri ada 2 kali entri hari senin yaitu tanggal 2-1-2017 dan tanggal 9-1-2017 dan masing-masing onzet penjualan adalah 300.000 dab 200.000 maka jika Anda jumlahkan secara manual hasilnya adalah 500.000

Lalu bagaimana untuk penjumlahan hari selasa dan hari lainnya? Anda cukup menarik rumus yang telah Anda ketikkan diatas sampai ke nomor 7 dan hasilnya adalah



Jika Anda totalkan jumlah onzet harusnya hasilnya sama yaitu 2.760.000

Simak juga:
Penjumlahan Data dengan Banyak Kriteria (Multiple)

Oke, apakah hasilnya sama dengan tulisan saya ataukah justru berbeda? Jika berbeda apa yang menjadi penyebabnya? silakan tuliskan komentar dibawah, semoga tulisan ini menjadi solusi masalah Anda. Selamat mencoba.

4 Responses to "Penjumlahan Berdasarkan Nama Hari Menggunakan Rumus SUMPRODUCT"

  1. Mau tanya untuk dua kondisi sumproduct sbb :
    =SUMPRODUCT(C6+E6)*7000:(D6+F6)*8000
    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  2. Bagiaman rumus yang benar ???

    BalasHapus
  3. =SUMPRODUCT(($C$3:$J$3)*$C$6:$J$6)
    SUDAH DAPAT RUMUS YANG BENAR

    BalasHapus
  4. Masalahnya rumus gak ikut kalau di copy paste

    BalasHapus

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler