Diskusi tentang Excel

Rumus Menghitung jumlah Data Bersyarat dengan COUNTIF

Selamat malam sahabat Excel-ID, Di dalam pelajaran matematika tentu pernah Anda mendengar berapa jumlah data yang memiliki kriteria tertentu dalam sebuah kelompok data. Nah di Excel juga dapat dikerjakan artinya data kelompok tersebut merupakan data range dan maksudnya bersyarat disini adalah memiliki kriteria tertentu dimana user dapat menentukan sendiri.

Baca:
Rumus Countif untuk menghitung jumlah data laki-laki dan perempuan

Rumus COUNTIF bisa Anda gunakan unruk masalah ini. Misalnya saya memiliki beberapa urutan data adalah sebagai berikut 20, 78, 48, 50, 51, 55. Dari data diatas akan saya entrikan kedalam masing masing cell dimulai dari A1 sampai dengan A6 atau dengan kata lain range A1:A6. Untuk lebih jelasnya silakan lihat tabel berupa gambar excel berikut ini.


Nah, kita telah memiliki tabel data angka seperti terlihat pada gambar diatas, Kita akan mencari berapa jumlah data yang kurang dari 50.

Untuk menentukan atau menyelesaikan masalah diatas kita memiliki syarat yaitu kurang dari 50 jadi untuk menghitung nya kita gunakan rumus COUNTIF bersyarat.

=COUNTIF(A1:A6,"<50")
Hasilnya adalah 2


Kenapa hasilnya 2? Rumus ini menghasilkan angka 2 karena dari rangkaian data diatas yang kurang dari 50 sebanyak 2 yaitu angka 20, dan angka 48 sedangkan angka 50 bukan termasuk kurang dari 50 secara logika. Angka 50 merupakan angka yang sama dengan ketentuan atau syarat diatas. bagaimana jika rumusnya saya rubah menjadi kurang dari atau sama dengan?

Silakan ketikan rumusnya menjadi
=COUNTIF(A1:A6,"<=50")
Maka hasilnya adalah 3

Ketentuan atau syarat diatas tidak bisa menggunakan alamat cell karena syarat yang dimaksud disini adalah memiliki type text. Tidak percaya? silakan buktikan sendiri.

Simak juga:
Rumus COUNTIF untuk Mencari Duplikasi Data

Misalnya saya akan memasukan rumus =COUNTIF(A1:A6,"<D1") dan data bersyarat akan saya tuliskan pada cell D1 dan hasilnya adalah 0 karena alamat cell D1 akan dibaca sebagai text.

Oke, itulah bagaimana cara menghitung jumlah data bersyarat dengan menggunakan rumus fungsi COUNTIF. Semoag bermanfaat dan selama mencoba.

Related

Rumus Excel 2825455370394750931

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item