Diskusi tentang Excel

Contoh Format Buku Induk Penduduk dengan Ms. Excel

Hai sahabat Excel-Id selamat berjumpa kembali di artikel yang kesekian kalinya dan masih tetap membahas tutorial Ms. Excel dan kali ini saya akan membagikan sesuatu yang mungkin berguna untuk para pamong atau perangkat desa yang membuatuhkan dan lagi mencari format buku induk kependudukan.

Buku Induk Penduduk memang harus dimiliki oleh setiap desa gunanya sebagai arsip database penduduk desa dimana apabila desa atau ada pihak lain yang membutuhkan data tentang penduduk para aparat desa tidak akan direpotkan karena semua data penduduk ada dalam buku induk penduduk. Buku Induk Penduduk ini mungkin tidaklah lengkap namun saya kira sudah bisa mewakili database penduduk desa yang dibutuhkan oleh beberapa pihak yang berkepentingan.



Untuk membuat buku induk penduduk sebaiknya minimal memuat beberapa item yang bisa mewakili database penduduk desa. Item yang saya maksud ada beberapa jenis diantaranya adalah :

Nomor Urut
Nama Lengkap/ Panggilan
Jenis Kelamin
Status Perkawinan
Tempat Lahir
Tanggal Lahir
Agama
Pendidikan Terakhir
Pekerjaan
Dapat Membaca Huruf
Kewarganegaraan
Alamat Lengkap
Kedudukan Dlm Keluarga
NIK
Nomor  KK
Ket

Kenapa buku induk penduduk harus mencantumkan nama lengkap dan nama panggilan? Jelas hal ini karena di masyarakat terkadang bukan nama asli yang dipangil namun nama lain atau nama panggilan sehingga hal ini tentunya dalam buku induk penduduk harus dimasukan nama panggilan.

Jenis kelamin dalam buku induk penduduk juga penting untuk memberikan identitas kelamin yang jelas apakah orang tersebut adalah laki-laki atau perempuan. Bukan hanya jenis kelamin status perkawinan juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dalam buku induk penduduk hal ini nantinya bisa dijadikan rekap atau grafik pendudukberdasarkan status perkawinan.

Pendiidkan terakhir juga harus dicantumkan dalam buku induk pendudukan dan poin ini juga penting karena desa dapat mengetahui tingkat pendudukan masyarakat yang ada di desanya tersebut. NIK dan Nomor KK juga biasanya dan harus dimasukan kedalam format buku induk karena nomor KK atau NIK biasanya akan dijadikan ID untuk database penduduk desa.

Yang tidak kalah pentignya dalam membuat buku induk penduduk adalah alamat lengkap karena yang terjadi di lapangan biasanya orang akan mencari dimana alamat penduduk yang akan dicari dalam database. Bukankah Anda juga pernah bertanya dimana alamat lengkap data si A misalnya. Para pamong desa harus mampu dan bisa memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut namun pada kenyataannya biasanya setiap pamong desa sudah hafal nama dan alamat lengkapnya.

Baca :
Contoh Format Buku Ekspedisi berbasis Excel


Oke, Saya kira untuk format buku induk penduduk tidaklah sulit dalam membuatnya. Saya mencoba menggunakan Ms. Excel karena hal ini bisa dikolaborasikan dengan kebutuhan database mengenai kependudukan. Yang paling penting adalah bagaimana desa bisa memanajemen data pokok (database) penduduk desa tersebut untuk update setiap bulan. Nah, hal ini yang menjadi tugas kepala desa untuk bisa mengatur tupoksi serta jadwal untuk update database penduduk.

Berikut format Download Buku Induk Penduduk berupa Format Excel
Download Format Buku Induk Kependudukan Xls.

Demikian, semoga bermanfaat.

Related

Berkas Administrasi 1096214737774691267

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item