Contoh Rumus COUNTIFS untuk Menjumlahkan Banyak Kriteria

Inilah kehebatan rumus COUTIFS....
Sahabat Excel-ID pernahkan anda menghitung berapa jumlah data yang sesuai dengan kriteria tertentu dan bagaimana jika kriteria tersebut sangat banyak atau lebih dari satu kriteria?

Nah, contoh kali ini saya akan membahas bagaimana sebuah rumus COUNTIFS bisa bekerja dan untuk apa fugsi rumus tersebut? Setelah Anda belajar rumus COUNT, rumus COUNTIF dan rumus COUNTIFS kali ini saya bahas disertai dengan contohnya.



Baiklah, coba Anda perhatikan contoh ilustrasi gambar diatas !
Ada sebuah tabel dengan dua kolom yang pertama adalah kolom warna sedangkan yang kedua adalah kolom Jml Item. Sengaja saya contohkan yang sederhana hanya dua kolom supaya nanti kita mudah dalam mempelajari dan mempraktekannya.

Langkah Awal Anda harus memberi nama range supaya akan lebih mudah membuat rumusnya. Untuk penamaan range sudah pernah saya bahas sebelumnya

Silakan baca:
Cara Membuat Nama Range Dinamis pada Ms. Excel

Saya memiliki soal dengan lebih dari dua kriteria perhatikan jumlah Item. Dari soal diatas Anda disuruh mencari berapa jumlah item yang lebih besar dan sama dengan 5 serta berapa jumlah item yang kurang dari 10? Untuk menyelesaian contoh diatas ada dua kriteria dan Anda dapat menyelesaikannya dengan rumus COUNTIFS.

Untuk menyelsaikan masalah diatas langsung saja Anda tuliskan rumus di cell F5 =COUNTIFS(Jml_Item;">=5";Jml_Item;"<10")

Maka hasilnya adalah :1 karena data range Jml_item  yang lebih serta sama dengan 5 dan lebih kecil dari 10 hanya ada 1 item

Untuk soal kedua Anda harus menyelesaikan berapa jumlah item 20 dengan warna merah? Anda bisa menentukan atau menuliskan rumus :
=COUNTIFS(WARNA;"Merah";Jml_Item;"20")

lalu bagaimana jika ada 3 kriteria misalnya Anda harus mencari Berapa jumlah item yang lebih dari angka 0 serta kurang dari 50 dan yang berwarna merah?

Silakan Anda tuliskan rumus
=COUNTIFS(Jml_Item;">0";Jml_Item;"<50";WARNA;"Merah")

Dan lihat hasilnya adalah angka 3

Untuk mengecek apakah rumus ini benar atau tidak silakan anda hitung secara manual, sudah saya cek dan ternyata benar. apakah ada pertanyaan? silakan masuk di komentar.

Download Contoh Rumus COUTNIFS

Semoga bermanfaat

0 Response to "Contoh Rumus COUNTIFS untuk Menjumlahkan Banyak Kriteria"

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler