Diskusi tentang Excel

Cara Membatasi Jumlah Karakter Hanya 10 Karakter yang Bisa Dientri

Halo sahabat Excel-ID senang sekali saya masih bisa berbagi tutorial Ms. Excel dan berbagi dengan Anda. Pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi tips bagaimana caranya supaya data yang dientrikan tidak melebihi jumlah karakter yang ditentukan oleh kita sendiri.

Pada materi kali ini bisa dikatakan merupakan materi validasi data yang sebenarnya jika Anda sudah pernah membaca artikel sebelumnya juga pernah saya bahas secara mendetail namun tentunya belum ada contoh yang lebih nyata atau mungkin belum sesuai dengan apa yang Anda cari.

Membatasi jumlah karakter bertujuan agar data yang diketikan atau dimasukan oleh kita selaku user memungkinkan dapat meminimalisir kesalahan entri dan contoh nya ketika Anda menuliskan nomor HP atau bahkan kode dari suatu barang. Contoh lain didunia pendidikan adalah entri data NIS atau NISN terkadang Anda menuliskan NISN kurang dari 10 atau bahkan lebih dari 10 karakter (digit)


Nah perhatikan gambar diatas tersebut ketika Anda mengetikkan angka pada kolom A tepatnya di cell A1 dengan tulisan "9902535" dan Anda tekan enter maka munculah sebuat pesan ERROR "Data yang dientrikan tidak melebihi 10 karakter dan tidak kurang dari 10 karakter" kemudian dilengkapi dengan 3 buah tombol yaitu Retry yang berfungsi untuk mencoba mengulang kembali kesalahan data yang diketikkan sedangkan cancel akan membatalkan data dan data yang dientrikan akan dikosongkan (cell A1 dikosongkan).

Kenapa muncul sebuah pesan ERROR tersebut? Jawabanya adalah karena data yang Anda entrikan berjumlah 7 karakter artinya ini telah keluar dari ketentuan yang telah ditentukan pada validasi data cell tersebut.

Baiklah, bagaimana caranya bisa menampilkan pesan serta membatasi jumlah karakter tersebut?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan kolom mana atau range mana yang akan dibuat data validasinya? Jika Anda akan entrikan data pada kolom A seperti contoh saya diatas maka Anda blok kolom A tersebut. Sebenarnya tidak semua kolom divalidasi juga tidak masalah misalnya hanya range tertentu saja yang dibatasi ketentuan jumlah atau panjang karakternya atau hanya 1 cell juga bisa. Oke sekarang Anda blok kolom A kemudian klik menu Data kemudian cari lalu pilih Tab ribbon Data Toll dan pilih Data Validation setelah itu akan muncul sebuah kotak dimana kita harus setting ketentuan yang akan kita buat.

Untuk Validation Criteria kita menentukan Alow yaitu "Text Leng" kemudian untuk Data kita pilih Between" lalu langkah berikutnya silakan masukan angka 10 untuk Minimum dan 10 untuk Maximum. Angka 10 tersebut adalah jumlah karakter yang kita batasi (panjang teks nya) hanya 10 digit.


Langkah berikutnya silakan masuk ke Error Alert. Pada tahap ini sistem pada Excel akan memberi tahu jika terjadi kesalahan (error) dan inilah pesan yang nantinya tampil ketika terjadi kesalahan data yang tidak sesuai dengan panjang karakter yang ditentukan tadi. Untuk style Value silakan pilih Stop kemudian untuk Title silakan ketikan "ERROR" Anda bisa menggantinya sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Langkah berikutnya Tuliskan pesan error nya.

"Data yang dientrikan tidak melebihi 10 karakter dan tidak kurang dari 10 karakter"

Pesan tersebut akan muncul apabila Anda mengetikan data di kolom A lebih atau kurang dari 10 digit (karakter).


Selesai, silakan Anda coba ketikkan angka atau text jika Anda mengetikan jumlah karakternya 10 maka sistem Excel akan berjalan dengan normal tetapi jika melebihi atau kurang dari 10  digit maka data akan error.

Baca Juga :
Cara Menghapus Data Validasi Secara Permanen

Nah, mudah bukan?

Related

Trik Excel 2947195663544199343

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item