Diskusi tentang Excel

Cara Membuat Combobox Datanya Dari Range Worksheet Lain

Combobox adalah data dimana data yang dientrikan berupa data pilihan jadi user tidak bisa mengetikan data pada Combobox tersebut. Data yang dimaksud bisa dibuat langsung melalui coding atau juga data bisa diambil dari range worksheet yang dipilih.

Lalu bagaimana caranya membuat Combobox yang datanya diambil dari range worksheet lain? Artikel kali ini akan menampilkan data dari range kedalam Combobox walaupun worksheet tidak active tetapi datanya masih tetap bisa dipanggil atau ditampilkan.

Langkah pertama Anda harus membuat data list yang akan ditampilkan melalui Combobox pada range worksheet. Terserah mau ditempatkan di worksheet1 atau worksheet lainnya. Dalam contoh kali ini saya akan membuat list daftar warna pada Sheet1 seperti gambar berikut :


Gambar diatas menampilkan data dari kolom B tepatnya di range B2:B5 melalui Combobox, untuk bisa melakukan hal yang sama dengan gambar diatas langkah pertama silakan Anda desain terlebih dahulu dengan menyisipkan satu buah UserForm dan satu buah Combobox melalui ToolBox.

Setelah itu silakan tuliskan coding dibawah ini pada Object UserForm dan Prosedur Initialize
Private Sub UserForm_Initialize()
ComboBox1.SetFocus
For Bariske = 2 To 5
    caridata = Sheets("Sheet1").Range("B" & Bariske)
    ComboBox1.AddItem caridata
Next Bariske
End Sub
Perintah tersebut pertama akan menempatkan focus Kursor pada Combobox1 kemudian melakukan pencarian baris ke2 sampai ke5 dan data akan dicari pada worksheet1 cell B2, B3, B4, B5 kemudian jika ketemu ditampilkan melalui Combobox1.

Baca:
Cara Membuat Combobox Melalui UserForm untuK Pemula

Jika Anda memilik list data sampai dengan baris ke 100 maka silakan Anda juga bisa mengganti coding tersebut diatas FOr Bariske = 2 To 100 Angka 100 merupakan baris terakhir penampatan data list item nya jika Anda melebih baris ke 100 maka tidak akan dimunculkan melalui Combobox.

Related

Macro Excel VBA 8893748027002703085

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item