Diskusi tentang Excel

Cara Membuat Form Buka dan Tutup Menggunakan VBA (Macro)

Hai sahabat Excel-ID gimana kabarnya semoga sehat, Lama tidak posting kembali mengenai VBA atau Macro Excel. Mungkin karena beberapa hari terakhir ini saya butuh liburan dengan keluarga akhirnya update menjadi terabaikan. Namun jangan khawatir sekarang saatnya kembali untuk berbagi informasi, tutorial, tips serta trik Ms. Excel kembali.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana seh caranya membuat userform yang bisa memanggil atau membuka file Ms. Excel sekaligus bisa juga menutupnya kembali hanya menggunakan kontrol penuh UserForm.

Materi ini akan membahas bagaimana memanggil Open Dialog dan menampilkan ekstension Ms. Excel kemudian Anda juga akan diajarkan bagaimana script membuka file dan bagaimana juga menutupnya hanya dengan kontrol penuh melalui UserForm tanpa masuk kedalam worksheet.

Simak:
Cara Membuat UserForm secara Dasar

Perhatikan gambar berikut ini saya telah membuat sebuah userform sederhana yang ditambahkan dengan objek Textbox kemudian 2 buah CommandButton untuk kontrol buka file dan tutup file nya. Baiklah untuk membuat userform dan menyisipkan objek commandbutton maupun textbox sudah pernah saya bahas pada artikel atau tulisan saya sebelumnya silakan cari kembali untuk mempelajarinya.


Pada form diatas terlihat alamat atau lebih kerennya kita kenal dengan Path (alamat lokasi penyimpanan file" hal ini akan muncul otomatis setelah tombol "Buka File" ditekan karena fungsi dari tombol file ini akan mencari dan membuka file excel kemudian jika sudah terbuka maka akan tampil alamat (path) filenya.

Baca:
Pengenalan Dasar Membuat UserForm

Langkah-Langkah Membuat (Coding) Buka dan Tutup File



Yang pertama harus dilakukan setelah Anda membuat USerForm seperti diatas yaitu membuat coding untuk menampilkan dialog open dan silakan ketikan codingnya berikut ini
Sub AmbilFile()
Dim fNameAndPath As Variant
fNameAndPath = Application.GetOpenFilename(FileFilter:="Excel Files (*.XLSx), *.XLSx", Title:="Select File To Be Opened")
If fNameAndPath = False Then Exit Sub
Workbooks.Open filename:=fNameAndPath
TextBox1.Value = fNameAndPath
End Sub
langkah berikutnya silakan buat coding untuk CommandButton1 dan sebelumnya Anda juga bisa mengganti Captionnya melalui properties dengan nama "Buka FIle" setelah itu kita buat coding untuk memanggil prosedur AmbilFile()

Private Sub CommandButton1_Click()
Call AmbilFile
End Sub
Langkah berikutnya kita membuat coding untuk menutup file yang sesuai dengan path yang nantinya alamat pathnya dimunculkan pada textbox1 dan berikut adalah codingnya

Sub TutupWorkbook()
On Error Resume Next
Dim fNameAndPath As Variant
Dim Jawab As Integer
Set wb = Workbooks.Open(TextBox1.Value)
Jawab = MsgBox("Apakah Anda akan Menyimpan File?", vbYesNo + vbQuestion, "Konfirmasi")
If Jawab = vbYes Then
   wb.Close SaveChanges:=True
   TextBox1.Value = ""
Else
   Exit Sub
   Unload Me
End If
End Sub
Coding diatas akan menutup workbook dan tentunya tidak begitu saja ditutup karena terkadang orang salah klik tombol maka coding diatas ditambahkan sehingga sebelum menutup workbook ditampilkan terlebih dahulu konfirmasi pesan apabila diklik OK maka akan diclose dan disimpan namun apabila tidak  maka akan keluar dan userform akan ditutup.

Dan coding diatas secara lengkapp dapat dilihat pada printscreen gambar dibawah ini



Oke, setelah itu selesai deh dan silakan coba jalankan coding yang Anda ketikkan jika benar maka tidak akan terjadi error debuging dan selesai. Selamat mencoba semoga berhasil apabila ada kesulitan silakan tuliskan komentar dibawah ya.

Related

Macro Excel VBA 8824952873437708979

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item