Diskusi tentang Excel

Cara Menampilkan Pesan Lebih Dari 1 Baris dengan Macro VBA

Bagaimana seh caranya menampilkan sebuah pesan yang dibuat dengan VBA (Macro Excel) lebih dari 1 baris itu? Sebuah pertanyaan yang sepertinya banyak juga yang membutuhkan bagi mereka yang sedang membuat aplikasi berbasis VBA.

Oke kali ini saya akan membuat sebuah coding (script VBA) yang bisa menampilkan pesan lebih dari 1 baris pada kotak pesan Ms. Excel dan setiap baris diisikan dengan numerik bisa juga bullet. Coding ini biasanya digunakan apabila Anda tidak ingin menampilkan kotak pesan yang panjang sehingga kurang bagus untuk dilihat oleh user.

Baca:
Cara Membuat Pesan dengan Code VBA (Macro)

Langsung saja berikut tampilan coding yang saya buat ini


Nah, bisa Anda perhatikan sebuah Informasi berupa pesan yang muncul pada Ms. Excel dan terlihat ada 6 baris yang terdiri dari pesanan Hari ini. Dan tentunya setiap item pesanan nama barang disertai dengan bullet.

Untuk baris pertama ada tulisan "Pesanan Hari Ini" kemudian dilanjutkan dengan rincian makanan nya adalah Soda Susu, Cokelat Susu, wafer Seblak Basah, dan Sate Kambing. 6 item tersebut disertai bullet dan berikut adalah coding untuk membuat pesan seperti gambar diatas.

Sub PesanMakanan()
    
    Dim PesanMakanan As String
    
    PesanMakanan = "Pesanan Hari Ini" & vbNewLine & vbNewLine
    PesanMakanan = PesanMakanan & "• Soda Susu" & vbNewLine
    PesanMakanan = PesanMakanan & "• Cokelat Susu " & vbNewLine
    PesanMakanan = PesanMakanan & Chr(149) & " Wafer" & vbNewLine
    PesanMakanan = PesanMakanan & Chr(149) & " Seblak Basah" & vbNewLine
    PesanMakanan = PesanMakanan & Chr(149) & " Sate Kambing"
    
    MsgBox PesanMakanan, vbInformation
    
End Sub

Setelah Anda mengetikkan coding diatas maka hasilnya nampak seperti gambar diatas artikel ini, nah intinya adalah untuk tulisan pada messagebox pesan di Excel adalah dengan vbNewLine kemudian untuk titik adalah karakter 149.

Baca Juga :
Cara Membuat Pesan YES dan NO dengan coding VBA di Ms. Excel

Demikian, terimakasih telah membaca artikel singkat ini semoga bermanfaat dan jika mengalami kesulitan silakan berikan komentar dibawah.

Related

Macro Excel VBA 6926877057255440414

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item