Cara Menemukan Data Yang Cocok/Sesuai Menggunakan Rumus MATCH

Excel-ID lagi-lagi masih berbicara mengenai database yang tentunya masih mengolah dan menggunakan Ms. Excel sebagai program perhitungannya. Pada kesempatan kali ini mudah-mudahan Anda tidak bosan dan paling penting lagi adalah rumus ini sebagai referensi saya sehingga saya posting di blog ini.

Jika Anda mengolah database yang begitu banyak hingga puluhan ribu dengan menggunakan Ms. Excel tentunya Anda jangan khawatir sulit untuk mengolahnya asalkan tahu rumusnya Anda tidak akan lagi kesulitan.

Dari katanya saja sudah jelas jika tidak salah kata Match merupakan kata dalam bahasa inggris yang artinya temukan atau menemukan ini sama halnya dengan find. Rumus MATCH ini hampir sama dengan VLOOKUP dan rumus MATCH ini juga pernah saya bahas sebelumnya atau jika Anda mencarinya dengan referensi lain tentunya banyak juga yang membahas mengenai rumus ini. Tidak percaya silakan cek saja menggunakan bantuan pencarian Google.

Langsung saja lebih jelasnya silakan lihat screenshoot dibawah ini


Dari data diatas kita akan mencari nama "Jamilah" berada pada urutan atau nomor keberapa nama tersebut? ternyata untuk mencarinya saya menggunakan rumus MATCH dan rumus ini sangat mudah dimengerti dan dipahami oleh orang awam sekalipun sehingga bukan jadi rumus yang sifatnya Advance lagi apalagi Anda sudah sering menggunakan rumus tersebut dikantor Anda.

Simak:
Cara Mencari Data dengan rumus MATCH


Rumus tersebut akan mencari kecocokan data yang sesuai dengan kriteria yang telah disiapkan dalam kasus ini adalah kriterianya yaitu nama.


Dan itulah hasilnya kita bisa memperoleh angka 3 jika saya isikan namanya dengan "Jamilah" Jika Anda menggunakan rumus VLOOKUP saya kira tidak akan berhasil karena biasanya untuk VLOOKUP mencari data yang sebelah kanan sedangkan ini yang kita acara data yang cocoknya adalah berada di sebelah kiri.

Sampai disini saja tulisan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba

0 Response to "Cara Menemukan Data Yang Cocok/Sesuai Menggunakan Rumus MATCH"

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler