Diskusi tentang Excel

Cara Menghapus Data Validasi di Ms. Excel dengan Mudah

Halo sahabat Excel-ID masih ingatkan Anda dengan tutorial yang pernah saya buat tentang validasi data? Nah jika Anda pernah membuat dan mempraktekan contoh dari artikel tersebut tentunya Anda bertanya-tanya bagaimana seh cara menghapus data validasi tersebut?

Menghapus data validasi berarti data validasi yang telah disetting tidak akan dipakai kembali dan dihapus secara permanen. Untuk bisa menghapus data validasi tidak begitu sulit dan disini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Oke jika belum mengetahui caranya lanjutkan untuk membaca artikel ini.

Baca:
Cara Membatasi Jumlah Karakter (digit) Menggunakan Data Validasi 10 Karakter

Cara Pertama Menghapus Data Validasi

Langkah pertama jika Anda menggunakan cara ini untuk menghapus data validasi adalah klik menu Home kemudian cari dan pilih Find & Select

Kemudian Anda pilih Data Validation seperti yang ditunjukan oleh anak panah warna hijau tersebut. Disini Artinya Anda akan mencari secara otomatis data validasi karena jika tida dipilih atau pointer berada pada cell tertentu ada kemungkinan beberapa data validasi tidak bisa dihapus secara sempurna.


Kemudian pilih Clear dan Clear All. Maka semua validasi data yang telah diseting akan dinormalkan kembali Jika tidak percaya silakan Anda cek kembali kolom yang sudah dibuat validasinya kemudian ketikkan data yang tidak cocok dengan validasi maka tidak akan muncul pesan error kembali.

Cara Kedua Menghapus Validasi Data di Ms. Excel

Langkah kedua Anda bisa gunakan cara dari menu data kemudian pilih Validation Data dan akan muncul jendela Validation Data kemudian langkah berikutnya silakan klik menu Clear All maka semua data validasi akan dihapus secara permanen.


Setelah Anda klik Clear All maka Anda tidak bisa kembali menggunakan validasi yang telah disetting sebelumnya. Demikian semoga bermanfaat.

Related

Trik Excel 5009948780221962962

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item