Diskusi tentang Excel

Cara Menonaktifkan Fungsi Drag and Drop Cell (Tarik Rumus Excel)

Pernahkah Anda mengalami ketika membuat rumus di Ms. Excel fungsi drag and drop nya tidak berjalan dengan normat? wah bahaya kalo demikian Anda tidak bisa menarik rumus tersebut kebawah untuk menghasilkan data.

Fungsi ini biasanya dilakukan agar user tidak bisa melakukan drag rumus sehingga programer menonaktifkan fungsi ini. Sebanarnya codingnya sederhana namun jika Anda belum mengetahuinya hal ini akan mengakibatkan Anda kebingungan terlebih Anda harus dikejar target pekerjaan Anda (deadline).

Hal ini terjadi pada kasus teman saya dan menjadi pengalaman bagi saya sendiri bahwa ada seorang programer yang membuat aplikasi sederhana menggunakan VBA ketika temen saya membuat aplikasi tersebut fungsi drag and drop tidak berfungsi sama sekali pada lembar kerja (worksheet) baru sekalipun atau bahkan setelah PC dimatikan juga masih tetap tidak berubah kecuali Anda harus menginstal ulang aplikasi Ms. Office nya kembali agar menjadi normat.

Tenang saja Anda tidak usah khawatir sebenarnya Anda tidak perlu instal ulang aplikasi Office nya cukup tambahkan coding saja. Nah berikut codingnya.

Menonaktifkan fungsi drag and drop

Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
Application.CellDragAndDrop = False
End Sub

Untuk mengaktifkan kembali fungsi drag and drop silakan tuliskan coding dibawah ini

Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
Application.CellDragAndDrop = True
End Sub
Nah hanya dengan fungsi TRUE atau FALSE anda sudah  bisa menonaktifkan dan mengaktifkan kembali fungsi drag and drop pada cell Ms. Excel.



Pada gambar diatas ada dua yang pertama gambar yang ditunjukan oleh anak panah warna hijau dan itu adalah contoh yang tidak bisa drag and drop artinya Anda tidak bisa menarik kebawah dan rumus pun tidak bisa ditarik kebawah sedangkan untuk gambar yang ditunjukan oleh anak panah warna merah adalah normat bisa ditarik kebawah (fungsi drag drop normal). Perbedaannya bisa dilihat ada node kotak warna hitam yang ukurannya kecil dan jika Anda tarik kebawah serta mengarahkan pointer maka akan berubah menjadi "+" warna hitam.

Demikian semoga bermanfaat dan  bisa mengatasi solusi Anda.

Related

Trik Excel 239197723229189186

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item