Diskusi tentang Excel

Mengkolaborasikan Rumus VLOOKUP dengan Fungsi IF

Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana menggunakan rumus VLOOKUP ataukah syntaxnya ajah belum pernah tau? lalu bagaimana juga dengan rumus IF apakah Anda sudah pernah mencobanya?

Di tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana mengkolaborasikan atau menggabungkan dua buah rumus yang sudah tidak asing lagi dan mungkin Anda sering menggunakannya yaitu VLOOKUP dengan IF. Kedua rumus tersebut digabungkan untuk menghasilkan data yang sesuai dengan kebutuhan.

Oke, sebelum kita coba menggabungkan terlebih dahulu Anda harus mengetahui rumus VLOOKUP dimana rumus ini akan mencari data pada database yang telah didefinisikan dan sesuai dengan referensinya. contoh penggunakan rumus ini sudah pernah saya bahas sebelumnya silakan baca-baca kembali sambil belajar lebih matang lagi menggunakan rumus VLOOKUP.

Baca Kembali :
Rumus VLOOKUP dengan MATCH

=VLOOKUP(acuan;database;kolom)
Itu adalah syntax dalam bahasa saya sendiri untuk menggunakan rumus fungsi VLOOKUP sedangkan untuk rumus IF adalah
=IF(acuan="kriteria";"kondisi1";"kondisi2")

Kedua contoh diatas silakan pelajari kembali, Langsung saja kedalam contoh real penggunaan di Ms. Excel nya yaitu :
Misalnya kita mempunyai data range dari B4:D8 dimana data tersebut terdiri dari nomor kemudian nama dan jenis kelamin. Untuk jenis kelamin kita memiliki data secara singkat yaitu "L" untuk laki-laki dan "P" adalah untuk perempuan sedangkan yang kita butuhkan adalah bukan singkatan atau initialnya melainkan secara lengkap yaitu "Laki-Laki" dan "Perempuan"

Nah dari masalah diatas apakah Anda akan melakukan penghapusan database yang begitu banyak sehingga Anda harus mengetik ulang database tersebut? Tentunya tidak mau bukan? Tenang saja disini ada solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara mengkolaborasikan atau menggabungkan kedua rumus diatas.

Coba perhatikan gambar berikut ini adalah salah satu contoh penggunakan rumus penggabungan dimaksud dalam contoh artikel ini


Dari data diatas Anda mengetikan rumus di cell G5 yaitu :=IF(VLOOKUP(G3;B4:D8;3)="L";"Laki-Laki";"Perempuan")

Logikanya jika dalam nomor sesuai dengan angka 2 maka dapat ditampilkan namanya siapa dan dalam kasus ini adalah "Windi" karena dalam database nomor urut 2 adalah bernama "Windi" sedangkan untuk jenis kelaminnya adalah "P" dan kita butuhkan adalah "Perempuan"

Sebenarnya untuk fungsi VLOOKUP dengan data range B4:D8 bisa didefinisikan dengan fungsi penamaan range (Name Range) dan materi penamaan range sudah pernah saya bahas juga sebelumnya.

Oke, itu saja semoga bisa membantu dan bermanfaat jangan lupa untuk shared atau komentar dikolom bawah mudah-mudahan bisa saya jawab.

Baca:
Penggabungan Rumus VLOOKUP, LEFT, MID

Related

Rumus Excel 3298541905967752155

Post a Comment

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item