AutoFill Rumus Otomatis dengan VBA Macro

Pengola Ms. Excel dimanjakan dengan berbagai fitur dan fasilitas yang disediakan oleh Microsoft itu sendiri begitu banyak fitur yang belum diketahui oleh kita membuat kita lemah untuk memaksimalkan Ms. Excel itu sendiri.

Dikatakan excel advanced memang penuh dengan fitur terbaik yang dimiliki oleh Microsoft, salah satunya adalah penggunaan VBA. Yang jadi pertanyaan bagaimana kita bisa memanfaatkan fitur canggih tersebut sementara kita tidak mengetahui caranya. Oleh sebab itu pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas bagaimana membuat rumus otomatis seperti Autofill atau menarik rumus kebawah sehingga kita tidak mengetikan rumus setiap ada cell.

Baca:
Kumpulan Kode VBA Macro yang Wajib Dipelajari

Cara ini memang terbilang cukup unik dan perlu dicoba karena manfaatnya bisa dirasakan oleh Anda sendiri. Banyak cara yang  bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah di Ms. Excel dan tentunya cara tersebut akan berbeda antara pengguna satu dengan yang lainnya. Baiklah bagaimana cara membuatnya.

Langkah pertama silakan buat salah satu data sederhana misalnya data jenis kelamin seperti tabel dibawah ini


Coba perhatikan gambar tabel diatas di kolom A tertulis beberapa jenis kelamin yang bisa Anda entrikan kemudian di sebelah kanannya yaitu di kolom B terdapat rumus untuk mengkonversi jenis kelamin sehingga menghasilkan singkatan antara L untuk laki-laki dan P untuk perempuan. Rumus diatas bisa Anda ketikan sebagai berikut :

=IF(A1="Laki-Laki";"L";"P")

Sebenarnya bukan hanya rumus diatas yang bisa digunakan Autofill menggunakan VBA ini namun rumus apasaja juga bisa digunakan jadi Anda jangan terpaku pada contoh diatas saja silakan berkreasi sesuai dengan kemampuan Anda sendiri.

Coding VBA untuk Membuat AutoFill Otomatis

Langkah berikutnya kita akan membuat coding VBA nya dan untuk bisa membuatnya silakan Anda masuk ke VBA editor dari menu Developer kemudian tambahkan 1 buah module kemudian ketikkan coding dibawah ini :

Sub TarikRumusOtomatis()
    Dim lastRow As Long
    lastRow = Range("A" & Rows.Count).End(xlUp).Row
    Range("B1").AutoFill Destination:=Range("B1:B" & lastRow)
End Sub

Setelah coding diatas dituliskan tentunya Anda paham arti penulisan coding untuk Autofill otomatis tersebut. Jika tidak oke saya jelaskan.

Untuk Module TarikRumusOtomatis kita definisikan bahwa "lastRow" adalah tipe data Long maka kita buat lastRow dengan definisi rumus range A sampai baris terakhir di kolom A yang ada datanya maka kita bisa tuliskan rumus yang sama dengan di cell B1 dan Excel akan otomatis menuliskan rumus yang sama tersebut secara AutoFill di kolom B sampai batar terakhir data yang sesuai di kolom A.

Langkah berikutnya silakan buatkan satu buah tombol untuk memanggil procedure tersebut dengan Form Control Button kemudian Anda juga bisa mengedit nama Button1 dengan nama yang sesuai kalo disini saja coba "Tarik Jabrig" ya nama yang asal-asalan tetapi masih sesuai dengan topik dari materi ini.

Untuk menempatkan button tersebut caranya cukup sederhana Anda perlu klik Button pada Form Control kemudian buat ukuran yang sesuai dengan cara drag saja pada worksheet dan selesai.

Untuk menguji apakah coding sudah benar dan sesuai maka silakan klik tombol tersebut dan apa yang terjadi


Jreng, hasilnya sudah benar semuai akan disesuaikan dengan rumus yang pertama di ketikan oleh Anda yaitu di kolom B tepatnya cell B1.

Simak:
Koleksi Kode VBA Lengkap

Demikian semoga bermanfaat.

Related

Macro Excel VBA 7909720047437461231

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item