Cara Membandingkan Dua Data untuk Mengetahui Duplikasi | Excel-ID

"Lebih Baik Dengan Rumus Daripada Ketik Ulang"
Itu adalah bahasa saya dalam menggunakan Excel dan Anda tentunya akan lebih cepat dalam mengerjakan banyak data dengan rumus hanya 1 kali tulis rumus data ribuan akan bisa diatasi dengan cepat dan benar.

Nah, pada posting kali ini saya akan bahas bagaimana cara mencari data duplikasi/duplikat atau ganda pada dua kolom yang berbeda dan tentunya sekaligus Anda juga bisa mengetahui mana saja data yang dianggap unik pada dua kolom yang berbeda.

Baca:
Cara Menghapus Data Ganda/Duplikat
Banyak sekali kasus yang pernah saya ketahui selama ini misalnya dari para pengguna Excel dalam pengelola KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang selalu diselesaikan dengan menggunakan data yang 90% datanya sama namun dengan format yang berbeda hal ini terjadi pada kasus para pendamping PKH yang tentunya sering sekali mengelola database pendampingan.

Untuk mengatasi masalah duplikasi data telah beberapa kali saya bahas dalam blog excel ini namun sepertinya memang kasusnya karena berbeda-beda yang pada akhirnya ingin cepat dan langsung menjadi hasil yang diinginkan sehingga para pengguna Excel tidak memahami betul rumus yang diberikan pada artikel saya sebelumnya. Mencari data duplikast atau mencari data unik sebenarnya adalah hal yang sama secara logika karena keduanya sama-sama membedakan data dari dua data yang memang berbeda.

Simak:
Cara Mencari Data Ganda dengan COUNTIF

Rumus yang digunakan untuk mencari data unik/duplikasi

Beberapa rumus dapat Anda gunakan dalam hal ini Anda bisa menggunakan IF dan ini juga pernah saya bahas sebelumnya namun pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengkolaborasikan dua rumus excel yang bisa membedakan dua data pada kolom yang berbeda. Lalu tujuannya untuk apa sehingga Anda harus membandingkan data tersebut?
Tentu Anda tidak ingin mengetik ulang data yang sebenarnya sudah ada pada data atau file excel Anda bukan? nah jika jumlah data yang akan dibandingkan hanya hitungan satuan atau puluhan tentunya Anda cukup mengetik ulang saja tetapi bagaimana jika datanya ratusan atau bahkan ribuan nah berapa hari Anda harus mengetik ulang?


Data diatas merupakan hasil dari penggunaan rumus yang saya gunakan untuk mencari data unik dan menampilkan juga data duplikat dan tentunya ada pembanding data di sebelahnya. Bisa diperhatikan di kolom keterangan adalah dua jenis yaitu "Duplikat" dan yang satunya adalah "Unik" kemudian untuk kolom Data Duplikat akan menampilkan data yang dianggap sama atau duplikat atau ganda sedangkan di kolom Data Unik akan menampilkan semua data yang tidak duplikat alias unik dengan pembanding antara data1 dengan data 2.

Untuk membuat rumus tentunya ada 3 rumus yang bisa Anda tuliskan dalam masalah ini yaitu di kolom D, kolom E dan kolom F.
Mari kita bahas satu per satu. Untuk kolom D kita akan mencari data unik atau data duplikat maka rumus yang bisa Anda tuliskan adalah di cell D3 dengan formula

=IF(ISERROR(MATCH(C3:C19;$B$3:$B$19;0));"Unik";"Duplikat")

Rumus diatas akan mencari data unik pada range C3:C19 yang dibandingkan dengan kolom B3:B19 dan hasilnya akan diperoleh dua jenis apakah duplikat atau unik.

Rumus Menampilkan Data yang dianggap Duplikat/Ganda

Lalu bagaimana menampilkan data yang dianggap ganda? Nah kalo rumus ini tentunya kita akan mengerjakan di kolom E dan silakan tuliskan rumus di cell E3

=IF(ISERROR(MATCH(C3;$B$3:$B$19;0));"";C3)

Dari rumus tersebut akan dicari data yang ditemukan pada cell C3 dari range B3:B19 jika tidak ditemukan maka data akan dikosongkan tetapi jika ditemukan maka akan ditampilkan data pada kolom tersebut. Kenapa ditambahkan dengan fungsi atau rumus ISERROR? jawabanya tentu ini akan mengatasi jika terjadi error yang hasilnya

Cara Mencari Data Unik dari dua kolom Pembanding

Nah kalo untuk mencari data unik dan bagaimana menampilkan data unik tersebut tentunya akan berbeda dengan cara menampilkan data ganda. Lalu bagaimana caranya ? Contohnya masih tetap sama yaitu pada tabel diatas maka Anda silakan tuliskan pada cell F3 dengan formula

=IF(ISERROR(MATCH(C3;$B$3:$B$19;0));C3;"")

Rumus diatas akan menampilkan seluruh data unik dari pembanding dua kolom yang berbeda yaitu antara data yang ada di kolom B dengan data yang ada di kolom C

Cara Memberi Tanda pada Data Ganda untuk Membedakan

Oke, itu saja semoga bermanfaat

Related

Rumus Excel 4953840154852676918

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item