Cara Membuat Abjad A-Z dan Angka 0-9 Otomatis

Hai sahabat Excel-ID, semoga masih tetap semangat untuk belajar Excel, Ya saya yakin karena jika memang Excel ini merupakan kebutuhan bagi Anda untuk mendukung pekerjaan Anda maupun belajar Anda di lembaga pendidikan saat ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana seh caranya membuat abjad dari mulai A-Z secara otomatis tanpa harus mengetikkan secara manual satu per satu setiap cell dan bagaimana pula cara membuat angka dari mulai 0 sampai dengan 9 secara otomatis juga di Ms. Excel.


Nah kira-kira seperti gambar diatas hasil akhir dari materi ini. Untuk bisa membuat hal yang sama seperti contoh diatas mari kita mulai langkah demi langkah cara membuat abjad atau huruf dimulai dari A-Z secara otomatis dan angka yang juga sama otomatis dari 0-9.

Langkah pertama silakan masuk ke VBA Editor kemudian ketikan coding VBA berikut ini :
Ini adalah coding untuk membuat huruf kapital atau huruf besar secara otomatis dimulai dari posisi pointer aktif sampai kebawah
Sub HurufBesar()
Dim i As Integer
For i = 65 To 90
ActiveCell.Value = Chr(i)
ActiveCell.Offset(1, 0).Select
Next i
End Sub
Dan kalau yang ini adalah coding bagaimana membuat huruf A-Z secara otomatis tetapi bukan kapital melainkan huruf kecil dan sama dimulai dari pointer yang aktif sampai ke bawah.

Sub HurufKecil()
Dim i As Integer
For i = 97 To 122
ActiveCell.Value = Chr(i)
ActiveCell.Offset(1, 0).Select
Next i
End Sub
Oke lanjut dan dibawah ini adalah coding untuk membuat nomor otomatis dari mulai angka 0-9 silakan Anda ketikkan

Sub Angka()
Dim i As Integer
For i = 48 To 57
ActiveCell.Value = Chr(i)
ActiveCell.Offset(1, 0).Select
Next i
End Sub
Nah, coding diatas Anda tuliskan melalui modul di VBA Editor dan untuk membuat modul tentunya saya kira sudah memahaminya Anda tinggal klik Insert kemudian Module baru Anda tuliskan codingnya.

Setelah Anda tuliskan modul tersebut lalu Anda buat tombol pada worksheet seperti contoh gambar diatas, untuk membuat tombol gunakan CommandButton melalui menu Developer.

Oke, demikian semoga bermanfaat

Related

Macro Excel VBA 3590770456997124531

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item