Cara Merubah Persentase 0,05 Menjadi 5% pada Ms. Excel

Berbicara persentase (%) memang sering kita temui dalam bekerja menggunakan Ms. Excel atau bahkan minimal kita pernah menemukan masalah dalam pengolahan persentase baik itu dalam pengelolaan keuangan atau data yang lainnya seperti database siswa maupun karyawan atau pegawai. Hal ini tentunya harus sudah menjadi kewajiban kita sebagai pengelola data menggunakan Ms. Excel harus mengetahui bagaimana caranya mengatasi masalah dalam persentase.

Di Ms. Excel ketika kita mengetikan persentase misalnya 20% langsung diketikan di Ms. Excel pada cell tertentu maka hasilnya akan langsung bisa kita lihat 20% bukan hitungan decimal menjadi 0.20 belum lagi masalah ketika berapa angka yang dibutuhkan dibelakang koma tersebut apakah 1 angka, 2 angka atau bahkan mengalami pembulatan.

Baca:
Cara Menghitung Persentase Dilengkapi dengan Contoh

Cara Mengatasi Persentasi di Ms. Excel

Pada materi kali ini saya tentunya akan membahas sesuai dengan judul artikelnya yaitu cara merubah persentase 0.05 menjadi 5% dan hal ini bagi Anda yang sudah pernah mengalami serta mengetahui solusinya tentu tidaklah sulit namun bisa dibayangkan bagi Anda yang baru menemukan masalah seperti ini betapa bingungnya bagaimana solusi mengatasi masalah tersebut.


Gb.1 : Cara Merubah Persentase dari Decimal Menjadi Persen


Ketika Anda mengetikan angka misalnya pada cell A1 adalah =5/100 maka hasil yang akan di tampilan oleh Ms. Excel adalah 0.05 sedangkan yang Anda butuhkan adalah 5% namun tentunya cara manual yang akan Anda lakukan karena ini merupakan rumus yang harus diketikan yaitu =5/100 bukan 5% yang Anda ketikkan maka seharusnya Anda bukan mengetikan 5% melainkan tetap dituliskan rumus =5/100 dan untuk bisa merubah tampilan menjadi 5% caranya sangat sederhana yaitu Anda harus memformat cell tersebut menjadi format persentase.

Format persentase inilah yang nantinya harus Anda lakukan bukan mengganti dengan cara mengetikkan karena jika Anda ketikan angka langsung 5% berarti Anda salah cara. Untuk bisa merubahnya silakan ikuti langkahnya berikut ini.

Cara Pertama Merubah Decimal Menjadi Persentase
Setelah Anda mengetikan angka pada cell B2 adalah =5/100 maka hasilnya adalah 0.05 dan itu adalah cell yang memiliki format general. Untuk merubahnya silakan klik kanan pada cell B5 tersebut kemudian pilih Format Cell


Langkah berikutnya setelah Anda melakukan hal tersebut maka akan muncul jendela Format Cell dan silakan Anda pilih Tab Number kemudian kategorinya pilih Persentase kemudian akhiri dengan mengklik OK


Dan hasilnya Anda akan melihat seperti gambar no.1 diatas jadi angka 0.05 akan dirubah secara otomatis menjadi 5% Anda tidak usah bingun mau 5% maupun 0.05 jika digunakan rumus apapun maka hasilnya akan sama.


Cara Kedua Merubah Decimal Menjadi PersentaseJika Anda melakukan dengan cara kedua tentunya akan lebih cepat dan mudah silakan cari menu Home kemudian tab style Number dan klik persen. Jika ingin lebih cepat lagi maka silakan Anda menekan kombinasi keyboard antar CTRL+SHIFT+% maka hasilnya akan berubah dari angka decimal 0.05 menjadi 5%.

Selesai, sekarang Anda sudah bisa merubah angka decimal 0.05 menjadi persentase 5% tidak sulit bukan? Selamat mencoba semoga bisa membantu jangan lupa untuk komen di kolom komentar jika dirasa bermanfaat bisa Anda shared.

Simak:
Pengenalan Berbagai Jenis Format Cell pada Ms. Excel

Related

Trik Excel 6682623328779260208

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item