Cara Membuat Nomor Otomatis Jika Kolom Tertentu Berisi Data Dengan Rumus COUNTA

Serba otomatis memang snagat penting bagi kita yang sedang dikejar deadline kenapa tidak jika ada yang lebih cepat dan otomatis kita masih gunakan cara manual. Cara manual kita lakukan jika kita tidak mengetahui caranya dan bagi Anda yang sedang mencari cara otomatis membuat nomor urut pada Ms. excel berarti Anda bisa lanjutkan untuk membaca.

Cara membuat nomor otomatis disini maksudnya adalah jika data yang kita tentukan berisi data maka nomor akan dibuat secara urut namun jika tidak ada data alias kosong berarti nomor akan dilewat dan dilanjutkan dengan nomor berikutnya sesuai dengan data yang kita beri rumus tersebut.

Baca:
Cara Lain Membuat Nomor Otomatis Menggunakan Rumus

Baiklah berikut contoh sederhana bagaimana cara membuat nomor otomatis dengan menggunakan rumus COUNTA.


Coba perhatikan gambar data diatas jika kita perhatikan data yang sebelah kiri adalah data yang memiliki jumlah nama sebanyak 11 dan menghabiskan baris sejumlah 15 baris sedangkan data yang kedua pada tabel sebelah kanan terdapat data sebanyak 12 dengan jumlah baris yang sama yaitu 15. Disini berarti ada penambahan satu data yaitu dengan nama "DENA" dengan nomor urut 6 sedangkan pada data sebalah kiri nomor urut 6 adalah dengan nama "ATIN PRAHITININGSIH".

Secara otomatis data nomor urut akan berubah secara beruruttan jika ada penambahan data pada tabel disebalah kanan tersebut. Untuk membuat nomor urut otomatis caranya cukup mudah silakan Anda tuliskan rumus pada kolom nomor atau tepatnya apda cell D2 dengan formula

=IF(E2<>"";COUNTA($E$2:E2);"")

Kemudian silakan tarik rumus tersebut ke bawah sampai kepada baris ke-5 sehingga hasilnya akan seperti tabel diatas tersebut.

Dalam rumus diatas kita akan mengosongkan data jika di cell E2 tidak lebih atau tidak kurang dari "" artinya data kosong atau tidak diisi tetapi jika pada kolom E terdapat data maka akan dihitung nomor urut sesuai dengan data yang ada pada kolom E tersebut.

Demikian semoga bermanfaat, jangan lupa meninggalkan komentar di bawah

Related

Rumus Excel 6380914519296344321

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item