Cara Menghapus Hyperlink pada Ms.Excel Melalui VBA

Hyperlink adalah hubungan antara satu bagian dengan bagian lain, di Ms. Excel hyperlink banyak digunakan untuk menghubungkan data supaya kita lebih mudah mengenali data dan menuju lokasi data tersebut. Ada beberapa macam hyperlink yang sering kita jumpay di Ms. Excel diantaranya hyperlink ke website/blog ada juga hyperlink antar worksheet atau bisa juga antara workbook atau ada juga hyperlink ke email.

Baca:
Cara Membuat Hyperlink antar Worksheet

Nah, untuk membuat hyperlink dan menghapusnya saya sudah pernah bahas sebelumnya dan anda juga bisa membuat hyperlink dengan text maupun gambar/shapes.

Silakan simak:
Cara Membuat Hyperlink dengan Gambar/Shapes

Pada materi kali ini saya akan bahas bagaimana cara menghapus hyperlink menggunakan VBA atau lebih dikenal dengan macro. Nah untuk membuat hyperlink menggunakan Ms. Excel sudah banyak yang bahas jika Anda tuliskan di google dengan pencarian Hyperlink Excel tentunya banyak sekali website/blog yang membahas mengenai hal tersebut. Untuk menghapus hyperlink menggunakan coding VBA caranya cukup mudah.

Bagaimana cara membuat dan menghapus Hyperlink menggunakan VBA?

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan diantaranya adalah :
  1. Buka Buku Kerja Excel dari menu awal atau ketik Excel di perintah run Anda
  2. Masukkan beberapa data dalam sel dalam kisaran "A10 sampai D10" untuk menguji makro ini. Juga format beberapa sel dan masukkan beberapa hyperlink untuk diuji.
  3. Tekan Alt + F11 untuk Buka VBA Editor atau Anda bisa pergi ke Developer Table dari Excel Ribbon dan klik pada Command Visual Basic untuk meluncurkan VBA Editor
  4. Buat satu buah Modul dari menu Insert Menu of VBA
  5. Salin kode di atas (untuk menghapus Hyperlink dalam rentang menggunakan VBA) dan Tempel di jendela kode (Editor VBA)
  6. Simpan file sebagai Macro Enabled Workbook (yaitu; .xlsm format file)
  7. Tekan 'F5' untuk menjalankannya atau Keep Pressing 'F8' untuk men-debug kode baris demi baris.
Contoh penggunaan misalnya saya memiliki data yang memiliki hyperlink pada range C4:C7 dan tentunya ciri dari hyperlink itu sendiri adalah berwarna biru dan bergaris bawah namun sebenarnya Anda juga bisa memodifikasi sesuai dengan keinginan.

Dan berikut adalah coding yang bisa Anda tuliskan pada Module1











Berikut adalah data yang akan dihapus Hyperlink nya.


Silakan jalankan dan test coding yang telah Anda buat tadi dengan cara menekan atau klik tombol Button1 maka lihat perbedaannya hyperlink yang ada di kolom C secara otomatis terhapus dan warna pun sudah tidak biru lagi itu tandanya sudah tidak memiliki hubungan kembali (no hyperlink).

Lebih mudah silakan copy code berikut untuk menghapus Hyperlink
Sub Hapus_Hyperlink_pada_Range()
Range("C4:C7").Hyperlinks.Delete
End Sub
Demikian semoga bermanfaat

Related

Trik Excel 7572233096225134150

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item