Cara Membuat UPERCASE (Huruf Besar Semua) Otomatis dengan VBA

Hi Excel-ID, bagaimana belajar VBA nya semoga lancar dan tidak ada kendala, namun jika kalian ada masalah silakan tuliskan komentar sesuai dengan artikel yang berkaitan.

Memaksa Huruf Kapital pada Textbox UserForm

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat huruf besar semua pada beberapa kolom atau lebih dikenal dengan UPERCASE dengan menggunakan VBA (Macro Excel). yang biasa dilakukan oleh kalian adalah mengetikan terlebih dahulu kemudian jika ingin huruf dibesarkan maka kalian menggunakan rumus dan ini sudah saya bahas pada artikel yang telah saya posting di blog ini namun jika kalian lupa maka silakan

Baca:
Cara Membuat Tulisan Besar Semua (UperCase) dengan rumus

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membuat hal yang sama namun dengan menggunakan coding VBA. Oke langsung saja berikut adalah coding yang harus kalian tuliskan

Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
If Target.Column = 1 Then
    If Not Target.Text = UCase(Target.Text) Then
        If Target.HasFormula = True Then
            Target.Formula = "=UPPER(" & Mid(Target.Formula, 2) & ")"
            Else
                Target = UCase(Target.Text)
        End If
    End If
End If
End Sub


Pada coding diatas kita menggunakan prosedur Worksheet_Change jadi ketika ada perubahan pada worksheet yang aktif maka coding dijalankan. Kemudian targetnya adalah pada kolom A sehingga saya tuliskan di coding diatas adalah If Target.Column=1 jika kalian akan mengganti di kolom C maka silakan ganti menjadi 3 dan begitu seterusnya.

Untuk object saya menggunakan worksheet dan prosedur change Anda juga bisa menggunakan tombol tinggal ganti saja object nya menjadi CommandButton.

Oke, silakan coba coding yang telah kalian buat dan jika berhasil maka jika kalian meuliskan secara acak artinya baik hurufnya kecil maupun besar atau besar awal kata nya saja maka akan secara otomatis ketika berpindah cell akan menjadi huruf kapital semua dan ini berlaku hanya pada kolom A seperti biasa kalian ganti yang tadinya target.column=1 menjadi target.column=2.


Oke, itu saja artikel kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share jika tulisan ini bermanfaat agar temen-temen juga bisa merasakan manfaat dan terimakasih.

Baca:
Cara Merubah Huruf Besar Menjadi Kecil

Related

Macro Excel VBA 2971314490550717192

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item