Membatasi Jumlah Karakter pada Cell dengan VBA (Not Validation)

Hai, sahabat EXCEL-ID pada kesempatan kali ini saya akan menulis bagaimana caranya membatasi jumlah karakter maksimum yang bisa dimasukan atau diketikkan oleh user pada cell yang kita tentukan dengan menggunakan VBA.

Kenapa harus dibatasi? Sebuah pertanyaan yang mungkin ada pada Anda dan jawabannya simpel, kenapa dibatasi karena dengan tujuan untuk meminimalisir kesalahan entri data oleh user ketika user mengetikkan jumlah karakter lebih (maksimal) dari yang kita tentukan maka excel akan menolak secara otomatis dan ini akan mampu mengurangi tingkat kesalahan pada saat entri data.

Sebenarnya saya pernah membahas bagaimana cara membatasi jumlah karakter maksimum namun pada textbox dan combobox.

Baca:
Membatasi Jumlah Karakter maksimum pada Textbox Userform

Nah cara lain Anda bisa menggunakan validation data pada menu Data di Ms. Excel dan hal ini juga pernah saya bahas sebelumnya silakan cek artikel di bawah ini jika Anda ingin menggunakan pembatasan karakter maksimal dengan validasi bukan coding VBA

Cara Membatasi Jumlah Karakter yang di entri menggunakan Validation


Oke, disini saya mengunakan prosedur worksheet_change pada object Worksheet dimana ketika ada perubahan atau perpindahan pada cell maka munculah sebuah peringatan atau pesan maksimal jumlah karakter yang dientrikan.


Berikut Coding VBA yang bisa Anda tuliskan pada procedure Worksheet_change


Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    Dim cell    As Excel.Range
   
    If Not Intersect(Target, Columns("A")) Is Nothing Then
        For Each cell In Intersect(Target, Columns("A"))
            If Len(cell.Value) > 5 Then
                cell.Value = Left(cell.Value, 5)
                cell.Select
                MsgBox "Hanya Diisi Maksimal 5 Karakter"
            End If
        Next cell
    End If
End Sub

Nah, dari coding tersebut kita akan menargetkan pada kolom A dimana jumlah karakter yang  bisa dientrikan pada kolom A adalah tidak boleh dari 5 karakter jika memaksa mengetikkan (mengentrikan) lebih dari 5 karakter maka akan muncul pesan "Hanya diisi Maksimal 5 Karakter"



Nah pada gambar diatas ketika saya mengetikan tulisan "Mengapa Demikian" maka akan secara otomatis excel akan menghapus sisa dari jumlah karakter kalimat diatas sehingga yang muncul hanya tulisan "Menga".

Dan munculah sebuah pesan bertuliskan "Hanya Diisi Maksimal 5 Karakter"


Oke, jadi Anda sudah mengetahui bagaimana cara membatasi jumlah karakter pada sebuah cell atau kolom yang bisa kita tentukan sendiri.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat dan jangan lupa komentar di kolom komentar jika Anda mengalami kesulitan


Related

Macro Excel VBA 8931085016502184872

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item