3 Cara Menambahkan Karakter di Tengah Kalimat/Kata di Excel

Hai sahabat EXCEL-ID, untuk menambahkan karakter pada Ms. Excel ada cara manual ada juga cara otomatis. Nah di artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara menambahkan karakter "-" di tengah dan kita bisa menentukan sendiri.

Ada 3 cara yang bisa dilakukan oleh Anda ketika ingin menambahkan karakter dalam sebuah kalimat atau kata atau bahkan data angka di Excel. Cara pertama yaitu menggunakan format cell dan cara kedua serta ketiga saya menggunakan formula / rumus.


Nah, tabel diatas adalah salah satu contoh ketika kita akan menambahkan karakter "-" pada kolom B dan hasilnya bisa dilihat di kolom C dan saya memiliki 3 buah cara untuk menambahkan karakter yang terpisah dalam beberapa kolom dengan masing-masing cara. Baiklah langsung saja saya bahasa satu persatu.

Baca:
Menghapus Sebagian Karakter di Excel

#Menambahkan Karakter dengan Format Cell


Untuk menambahkan karakter dengan menggunakan format cell misalnya kita akan mengubah data di kolom B menjadi seperti di kolom C dan ditempatkan di kolom D. Oke langsung saja silakan Anda tulisakan =(B3) kemudian fill handle ke bawah sehingga data yang di kolom D sama dengan di kolom A kemudian silakan Anda klik kanan dan pilih Format Cell.


Langkah berikutnya setelah Anda klik Format Cells maka akan muncul kotak dialog Format Cell dan silakan pilih Number kemudian untuk Category pilih Custom kemudian pada type tuliskan 0000-0000-00 hasilnya kita-kira terlihat pada gambar dibawah ini



Setelah itu Anda tinggal mengklik tombol OK dan lihat hasilnya akan sama dengan yang ada pada kolom C tersebut

#Cara Kedua Menambahkan Karakter dengan Fungsi Text

Untuk cara kedua kita menggunakan rumus fungsi text dimana kita akan memformat data tersebut kedalam fungsi TEXT dan Anda silakan tuliskan rumus di cell E3 dengan formula =TEXT(B3;"????-????-??")

dan lihat hasilnya akan diperoleh data dengan format yang sama dengan di kolom B

#Cara Ketiga Menambahkan Karakter otomatis dengan rumus REPLACE

Rumus fungsi REPLACE ini mungkin agak sedikit rumut bagi kalian yang belum mengetahui fungsi rumus REPLACE silakan baca-baca kembali di blog ini sudah saya bahas dan silakan Anda gunakan pencarian untuk melihat fungsi REPLACE lebih lengkap lagi.

Untuk menambahkan karakter dengan fungsi ini silakan kalian tuliskan rumus
=REPLACE(REPLACE(B3;5;0;"-");10;0;"-")

Intinya kita akan mengganti karakter yang ada di cell B3 dengan dimulai dari karakter ke5 dari kiri dan kita tidak mengganti karakter yang lain sehingga Anda tuliskan angka 0 berikutnya untuk penambahan karakter kedua pada cell B3 rumus tersebut juga akan menambahkan karakter "-" dimulai karakter ke10 dan jumlah yang diganti adalah 0 lalu ditambahkan dengan karakter "-" dan lihat hasilnya


Nah, itulah 3 cara untuk menambahkan karakter jadi sekarang Anda tinggal pilih mana yang termudah dan mana juga yang sesuai dengan kebutuhan karena untuk rumus dan cara excel ini memang bervariasi yang terpenting adalah tujuannya sama menghasilkan data yang sama. Anda juga bisa menggunakan coding VBA untuk menambahkan karakter.

Simak:
Cara Membatasi Jumlah Karakter di Excel

Demikian semoga bermanfaat.

Related

Rumus Excel 3266582989496929822

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item