Menampilkan Data Terbesar dengan Kondisi

Rumus untuk menampilkan data paling besar adalah menggunakan MAX, namun bagaimana jika kita memiliki sederetan data atau memiliki jumlah data yang banyak dan kita tampilkan data terbesarnya? Nah disini kita gunakan 2 buah rumus yaitu MAX dan IF dan seperti kita ketahui bersama bahwa rumus IF digunakan untuk mengetahui data dengan kondisi tertentu.

Oke misalnya saya memiliki data seperti tabel berikut ini



Dari tabel diatas yaitu tabel sebelah kiri terdapat data nilai dimana nilai tersebut satu orang nama memiliki 2 buah data nilai misalnya Salsabila ada yang nilainya 50 ada juga yang nilainya 75. Dan di tabel yang kedua sebelah kanan kita akan mencari nilai terbesar dari nama Salsabila yaitu jika ada dua nilai yang dimiliki oleh Salsabila antara 50 dan 75 maka yang akan ditampilkan pada tabel kedua sebelah kanan yaitu angka 75 karena 75>50.

Baca:
Rumus MAX untuk Mencari Nilai Tertinggi

Untuk menghasilkan angka terbesar dari masing-masing nama yang tercantum pada tabel kedua maka silakan tuliskan formula

=MAX(IF($C$3:$C$20=F3;$D$3:$D$20))

Kemudian Anda silakan tekal CTRL+SHIFT+ENTER secara bersamaan dan setelah Anda lakukan hal tersebut silakan drop and drag rumus tersebut kebawah dan hasilnya



Secara otomatis rumus tersebut menghasilkan nilai terbesar dari tabel sebelah kiri dan walaupun data yang dimiliki oleh masing-masing nama lebih dari 2 maka rumus tersebut akan tetap menampilkan nilai terbesar.

Demikian semoga bermanfaat.


Related

Rumus Excel 2454349590489674336

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item