Rumus Menghitung Jumlah Usia Berdasarkan Tahun Lahir

Menghitung usia biasanya dibutuhkan ketika kita akan melakukan sebuah rekap data dari database yang didalamnya terdiri dari tanggal lahir. Dengan adanya data tanggal lahir, bulan, dan tahun lahir kita dari setiap masing-masing record maka kita bisa menghitung rekap usia berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh kita.

Rumus dalam Ms. Excel tentunya tidak selalu berdiri sendiri artinya kita bisa mengkolaborasikan beberapa rumus sekaligus untuk menghasilkan informasi atau keputusan yang dibutuhkan oleh kita. Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya menghitung jumlah usia yang sesuai dengan kriteria.

Baca:
Konversi Tanggal Menjadi Nama Hari dengan Rumus

Oke, langsung saja misalnya saya memiliki contoh data tabel seperti berikut ini


Nah dari data tabel diatas perhatikan yang dilingkari garis warna merah tersebut. Itu adalah rekap hasil dimana kita akan menghitung berapa jumlah usia yang memenuhi persyaratan yang sesuai dengan tahun lahir. Contoh berapa jumlah yang memiliki tahun lahir 1999, 2000, 2001, dan 2002.
Dan disebelah kanannya adalah hasil dari hitung jumlah usia tersebut.

Simak Juga :
Cara Mengambil Tanggal Otomatis

Untuk menghasilkan data yang seperti rekap diatas maka kita akan menggunakan rumus bukan menghitung secara manual karena jika Anda menggunakan cara manual tentunya akan memakan waktu yang cukup lama. Jika data yang ada adalah ribuan maka mungkin Anda akan menghabiskan waktu seharian untuk menghitungnya. Untuk itu saya akan menggunakan rumus.



Rumus yang digunakan disini ada 2 buah jenis rumus yang pertama adalah fungsi COUNTIFS dan kedua adalah fungsi DATE. kedua rumus tersebut digabungkan sehingga menghasilkan jumlah usia yang sesuai dengan kriteria.

Silakan tuliskan rumus di cell I5 dengan formula =COUNTIFS($F$5:$F$21;">="&DATE(H5;1;1);$F$5:$F$21;"<="&DATE(H5;12;31))

COUNTIFS diguanakan untuk menghitung jumlah berdasarkan kriteria sedangkan DATE digunakan untuk menghasilkan mencari fungsi tanggal. Dalam rumus tersebut ada formula DATE(H5;1;1) itu artinya kita akan menghitung tahun yang ada pada cell H5 bulan ke-1 dan tanggal 1. dimana formula date adalah =DATE(Tahun;Bulan;Tanggal) dan DATE yang kedua adalah =DATE(H5;12;31) angka 12 artinya bulan ke-12 dan 31 adalah tanggal terakhir pada bulan Desember.


Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat

Baca:
Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo
Cara Menghitung Dua Tanggal Yang Berbeda 

Related

Rumus Excel 5899629060176546958

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item