Rumus untuk Memisahkan Angka dengan Huruf Otomatis

Ketika kita memiliki sebuah data yang cukup lengkap maka dibutuhkan waktu yang cukup lama karena mengolah data dibutuhkan trik yang bisa membantu mempercepat pekerjaan kita. Di Excel terkadang data memiliki campuran antara beberapa karakter misalnya saja huruf dan angka.

Pada tutorial kali ini akan saya bahas bagaimana cara memisahkan data angka dari gabungan huruf dan angka secara otomatis pada sebuah cell atau range di Ms. Excel. Untuk membuat rumus demikian ada beberapa rumus yang bisa digunakan

IF
SUM
LEN
SUBSTITUE
SUMPRODUCT
LARGE
MID
INDERECT

Jadi Anda harus memahami betul beberapa fungsi rumus yang saya sebutkan diatas. Untuk mempelajari lebih lanjut silakan lihat beberapa fungsi yang berhubungan dengan rumus diatas. Oke langsung saja misalnya saya memiliki sebuah data yang ada pada worksbook dan sheet1 seperti gambar berikut


Jika Anda melihat data yang ada pada kolom A dan data tersebut terdiri dari gabungan antara karakter huruf dan angka. Lalu bagaimana cara memisahkan huruf dengan angka tersebut? Apakah ada cara otomatis dengan menggunakan rumus?

Ketika Anda melihat data diatas yang dipikirkan adalah malas untuk menghapus satu persatu dengan cara hapus rumus huruf BkSP dan memisahkan angka 123 di cell A1 ke cell B1.

Lalu bagaimana jika menggunakan rumus?
Oke langsung saja silakan Anda tuliskan di cell B1 dengan formula :

=IF(SUM(LEN(A1)-LEN(SUBSTITUTE(A1;{"0";"1";"2";"3";"4";"5";"6";"7";"8";"9"};"")))>0;SUMPRODUCT(MID(0&A1;LARGE(INDEX(ISNUMBER(--MID(A1;ROW(INDIRECT("$1:$"&LEN(A1)));1))*ROW(INDIRECT("$1:$"&LEN(A1)));0);ROW(INDIRECT("$1:$"&LEN(A1))))+1;1)*10^ROW(INDIRECT("$1:$"&LEN(A1)))/10);"")

Wah, panjang ya?
Ya emang panjang tapi silakan Anda coba saja kalo berhasil silakan kasih komentar dibawah ingat disini saya menggunakan regional setting Indonesia sehingga formula menggunakan tanda ";" bukan ","

Jadi rumus tersebut akan mengambil semua data angka berapapun jumlahnya di cell yang bersangkutan.

Oke, demikian artikel singkat kali ini semoga bermanfaat dan semat mencoba.


Gambar diatas adalah hasil akhir dari formula memisahkan angka dari huruf.

Related

Rumus Excel 8976729371114641914

Posting Komentar

Tulisan ini Bermanfaat..? Silakan berkomentar sesuai topik artikelnya, tidak dianjurkan menggunakan kata-kata yang dapat menimbulkan hal negatif. Mohon maaf apabila tidak memiliki etika akan Admin HAPUS tanpa pemberitahuan kembali. Terimakasih... salam Exceler

emo-but-icon

item