Membuat Format Tanggal Otomatis di Textbox Userform dengan VBA

Hai semua, udah lama ga posting artikel di blog ini, hemm jadi buat para pelanggan setia blog excel ini mohon maaf karena ada beberapa kesibukan secara offline.

Jadi pada artikel kali ini saya akan mencoba bagaimana cara membuat textbox yang otomatis membuat format tanggal sehingga temen-temen tidak usah memberikan tanda "-" atau tanda "/" pada setiap pemisah tanggal bulan dan tahun.

Cara ini memang cukup sederhana namun beberapa kasus programer banyak yang mengindahkan hal ini. Tentunya masih membahas mengenai Excel macro/VBA jadi coding disini menggunakan bahasa pemrograman visual basic for Application (VBA).

Langkah pertama silakan Anda buat Userform seperti berikut ini dan langkah pembuatah Userform telah saya bahas sebelumnya di blog ini silakan baca-baca kembali. Setelah itu tambahkan 1 buah label dan beri nama Caption nya menjadi "Tanggal" lalu tambahkan juga objek Textbox


Setelah itu kita akan membuat coding dari object Textbox tersebut dengan procedure Text_Change. Lalu temen-temen silakan tuliskan coding dibawah ini

Private Sub Textbox1_Change()
If Len(TextBox1.Value) = 2 Then
t = TextBox1.Value
t = t & "-"
TextBox1.Value = t: t = ""
ElseIf Len(TextBox1.Value) = 5 Then
t = TextBox1.Value
t = t & "-"
TextBox1.Value = t: t = ""
End If
End Sub

COding diatas ketika Anda mengetikan 24102018 akan tertulis secara otomatis menjadi 24-10-2018



Nah Anda juga bisa mengetikan coding lain untuk membuat format tanggal secara otomatis silakan buatkan contoh lain untuk latihan misalnya textbox2 dan textbox3 Anda tambahkan kedua objek tersebut dan tambahkan coding dibawah ini pada procedure textbox_change

Private Sub TextBox2_Change()
If TextBox2.TextLength = 2 Or TextBox2.TextLength = 5 Then
    TextBox2.Text = TextBox2.Text + "-"
End If
End Sub

Contoh Lain menampilkan format tanggal otomatis di excel dengan VBA

Private Sub TextBox3_Change()
    If (oldlength > TextBox3.TextLength) Then
        oldlength = TextBox3.TextLength
        Exit Sub
    End If

    If TextBox3.TextLength = 2 Or TextBox3.TextLength = 5 Then
    TextBox3.Text = TextBox3.Text + "/"
    End If
    oldlength = TextBox3.TextLength
End Sub


Ketiga coding diatas fungsinya sama yaitu untuk membuat format tanggal otomatis dengan hanya mengetikkan tanggal, bulan dan tahun maka secara otomatis pemisah tanggal bulan dan tahun seperti "-" akan muncul jadi Anda akan cepet dalam entry datanya.

Anda juga bisa memodifikasi untuk menambahkan karakter lain sebagai pemisah tanggal bulan dan tahun misalnya "/" seperti contoh pada coding ke-3 diatas.

Oke, demikian bagaimana cara membuat tanggal otomatis pada textbox di Userform dengan menggunakan macro/VBA semoga bermanfaat.





Posting Komentar

0 Komentar

close
Video Belajar Tutorial Excel