Cara Membuat Tombol Pencarian di Excel

Pengolahan data angka di Excel tentunya jika kita memiliki data banyak maka tidak mungkin kita akan mencari sebuah data dengan cara manual. Ada kalanya data yang kita cari jika dilakukan secara manual akan menghabiskan waktu yang cukup lama bahkan kita sendiri akan merasa mumet untuk mencari hanya satu data karena yang dilakukan pencarian satu per satu.

Ada cara yang bisa dilakukan disini dengan cara pencarian namun kita akan melakukan pencarian dengan memanfaatkan conditional formating. Seperti kita ketahui bahwa conditional formating kita bisa membuat format baik warna font, warna cell, jenis font untuk membedakan jika kondisinya sesuai dengan ketentuan yang kita buat.

Untuk membuat pencarian dengan conditional formating kita bisa melakukan langkah-langkah yang sederhana dan kita akan membuat formula pada conditional formating ini. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat tutorial cara membuat pencarian data di excel dengan memanfaatkan fasilitas conditional formating dibawah ini :



Cara ini Anda tidak usah mengerti coding VBA karena cara ini tidak menggunakan coding sama sekali hanya menggunakan fasilitas conditional formating saja.

Dengan bantuan conditional formating ini kita bisa mencari data dan jika data ditemukan akan diberi warna yang berbeda dengan data yang lainnya (unik) sehingga kita bisa mencari lebih mudah. Ok, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

close
Video Belajar Tutorial Excel