Bagaimana Cara Menjumlahkan Data dengan Kriteria Tanggal Yang Sama dalam Database?

Ketika kita merekap sebuah data dengan menggunakan Ms. Excel sebagai pengolahan datanya maka tentunya tidak terlepas dari rumus yang harus dipake. Lalu rumus apa yang harus digunakan untuk merekap data dengan kriteria tanggal yang sama?

Jadi di tutorial singkat kali ini saya akan mencoba bagaimana caranya menjumlahkan data jika data dengan tanggal yang sama maka akan dijumlahkan tetapi jika data tanggal beritkunya berbeda maka akan mencari tanggal sama kembali lalu menjumlahkan kembali data tanggal yang sama tersebut.



Oke misalnya kita memiliki data pendapatan per tanggal dalam sebuah tabel pendapatan penjualahan dan data tersebut terdiri dari beberapa tanggal yang sama dan ada juga tanggal yanag berbeda karena transaksi setiap tanggal mungkin saja ada yang memiliki lebih dari 2 transaksi penjualan. Nah untuk menjumlahkan data transaksi penjualan dengan kriteria tanggal sama kita bisa mudah melakukan menjumlahan sekaligus tanda harus mencari terlebih dahulu atau memisahkan tanggal yang sama baru dijumlahkan. Mungkin jika kita lakukan secara manual akan habis waktu tersebut.

Oke, kita akan menggunakan 3 buah rumus excel yaitu, IF, ISNUMBER, dan SUMIF ketiganya kita akan kolaborasikan menjadi rumus yang bisa menghasilkan nilai penjumlahan dengan kriteria tanggal yang sama.

=IF(ISNUMBER(B3);IF(B3<>B4;SUMIF($B$3:$B$18;B3;$C$3:$C$18);""))

Rumus diatas akan mencari kondisi jika data dalam database number dan data dalam database tidak sama dengan data pada baris dibawahnya dalam hal ini cell B4 maka akan dijumlahkan berdasarkan kriteria dengan rumus SUMIF tetapi jika hasilnya FALSE maka nilai cell nya akan dikosongkan.

Oke, tonton ajah tutorialnya biar kalian mudah dalam belajarnya.

Posting Komentar

0 Komentar

close
Video Belajar Tutorial Excel