Cara Hitung Rekap Data Bulanan Otomatis di Excel

Hai, tutorial ini saya buat bagi kalian yang memiliki toko kecil-kecilan yang mungkin saja memanajemen keuangannya dengan baik bisa menggunakan Ms. Excel sebagai solusi untuk pengolahan datanya. Tentunya kalian perlu untuk membuat sebuah laporan penjualan pada usaha toko kamu dan saya kira ini adalah hal terpenting karena kamu bisa menganalisa berapa pendapatan setiap bulannya. Jika usaha kamu memiliki data yang cukup akurat dan tepat tentunya kamu bisa analisa usaha kamu agar lebih maju kembali.

Dengan adanya laporan rekap pendapatan kita bisa mengetahui laba / rugi dari usaha yang kita jalankan. Untuk membuat jumlah penjualan berdasarkan bulan berarti kita akan menggunakan fungsi SUM tetapi karena ini ada kriteria bulan maka bisa menggunakan SUMIFS. Oke fungsi atau rumus SUMIFS untuk tanggal maupun bulan tentunya akan berbeda dengan rumus SUMIFS biasa karena Excel membaca format tanggal.




Rumus Excel ini merupakan kolaborasi antara rumus SUMIFS dengan beberapa rumus lainnya semperti EOMOUNTH sebagai pembaca tanggalnya.

Anda bisa menuliskan rumus rekap data bulanan dengan menggunakan formula :

=SUMIFS(Jumlah;Tanggal;">="&G3;Tanggal;"<="&EOMONTH(G3;0))

Dan rumus tersebut akan membaca bulan pada cell G3 yang mana data di cell G3 adalah data bulan Agustus begitu juga jika kalian akan mencari dan menjumlahkan untuk rekap bulan berikutnya misalnya saja bulan September.

Beberapa waktu yang lalu di chanel Youtube juga telah dijelaskan bagaimana membuat rekap data barang namun berbeda dengan rekap data penjualan karena kategorinya pun berbeda.

Oke, ini saja pengantar tutorial singkat kali ini semoga bermanfaat.


Posting Komentar

0 Komentar

close
Video Belajar Tutorial Excel